ASESMEN DIAGNOSTIK
ASESMEN DIAGNOSTIK
NON KOGNITIF (GAYA
BELAJAR PESERTA DIDIK)
Baca
dengan seksama uraian kuisioner dibawah ini
Pilih
salah satu jawaban A/B/C sesuai dengan kecenderungan anda
Naskah Soal
KUISIONER A |
|
Nama
Peserta Didik |
: … |
Kelas |
: … |
No.
Absen |
: … |
Tgl/hari |
: … |
KUISIONER |
PILIHAN
JAWABAN |
1. Pada waktu belajar untuk
Penilaian atau Ulangan Harian,Penilaian tengah semester dan Penilaian akhir
semester apakah anda memilih : A.
membaca
catatan, membaca judul dan sub-judul dalam buku, dan melihat diagram dan
ilustrasi B.
meminta
seseorang memberi anda pertanyaan, atau menghafal dalam hati sendirian C.
membuat
catatan pada kartu dan membuat model atau diagram |
|
2. Apa yang kalian lakukan
sewaktu anda mendengarkan musik? A. berkhayal (melihat
benda-benda yang sesuai dengan musik yang sedang didengarkan B. berdendang mengikuti alunan
musik tersebut C. bergerak mengikuti musik
tersebut, mengetukkan kaki mengikuti irama, dsb. |
|
3. Pada waktu kalian sedang
memecahkan masalah,apakah anda : A. membuat daftar, mengatur
langkah, dan mengeceknya setelah langkah itu dikerjakan B. menelpon teman atau ahli
untuk membicarakan masalah tersebut C. menguraikan (menganalisa)
masalah itu atau melakukan semua langkah yang anda pikirkan |
|
4. Jika kalian membaca untuk
sekedar hiburan ,apakah kalian memilih: A. buku perjalanan dengan
banyak gambar di dalamnya B. cerita misteri yang penuh
dengan percakapan di dalamnya C. buku yang dapat menjawab
pertanyaan dan memecahkan masalah anda |
|
5. Untuk mempelajari bagaimana
kerja komputer,apakah anda memilih : A. menonton film tentang cara
kerja computer B. mendengarkan seseorang
menjelaskan cara keja computer C. membongkar komputer dan
mencoba menemukan sendiri cara kerjanya |
|
6. Anda baru saja memasuki
museum ilmu pengetahuan,seperti taman pintar,Tekno park,dll apa yang anda
lakukan pertama kali? A. melihat sekeliling dan
menemukan peta yang menunjukkan lokasi berbagai benda yang dipamerkan B. berbicara dengan penjaga
museum dan bertanya kepadanya tentang benda-benda yang dipamerkan C. melihat pada benda pertama
yang kelihatan menarik, dan baru kemudian membaca petunjuk lokasi benda-benda
lainnya |
|
7. Jenis restoran atau rumah
makan apa yang anda tidak sukai? A. restoran yang lampunya
terlalu terang B. restoran yang musiknya terlalu
keras C. restoran yang kursinya tidak
nyaman |
|
8. Apa kira – kira yang anda
lakukan pada waktu kalian merasa senang? A. meringis (tersenyum) B. berteriak dengan senang C. melompat dengan senang |
|
9. Seandainya anda berada pada
suatu acara pesta,entah pernikahan atau yang lainnya,apa yang akan kira –
kira paling anda ingat pada keesokan harinya? A. muka orang-orang dalam
pesta, tetapi bukan namanya B. nama orang-orang dalam
pesta, tetapi bukan mukanya C. sesuatu yang anda lakukan
dan katakan selama dalam pesta |
|
10. Pada waktu kalian
bercerita,apakan anda memilih untuk: A. menulisnya B. menceritakannya dengan suara
keras C. memerankannya |
|
11. Apa yang paling mengganggu
bagi kalian pada waktu anda mencoba untuk berkonsentrasi? A. gangguan visual B. suara gaduh C. gangguan lainnya seperti
rasa lapar, sepatu yang sempit, atau rasa khawatir |
|
12. Apa yang kira – kira anda
lakukan ketika kalian sedang marah? A. cemberut atau memperlihatkan
muka marah B. berteriak atau “mengamuk” C. menghentakkan kaki dengan
keras dan membanting pintu |
|
13. Apa yang kira – kira kalian
lakukan ,jika anda sedang antre untuk menonton Bioskop? A. melihat-lihat pada poster
iklan film lainnya B. berbicara dengan orang di
sebelah anda C. mengetukkan kaki atau
berjalan ke arah lain |
|
14. Apakah anda lebih suka
mengikuti : A. kelas melukis B. kelas music C. kelas olah raga |
|
NON
KOGNITIF (GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK)
Baca dengan seksama uraian kuisioner
dibawah ini
Pilih salah satu jawaban A/B/C sesuai dengan kecenderungan
anda
Naskah Soal
KUISIONER
B |
|
Nama Peserta Didik |
: … |
Kelas |
: … |
No. Absen |
: … |
Tgl/hari |
: … |
KUISIONER B |
PILIHAN JAWABAN |
1. Pada waktu belajar untuk
tes, apakah anda memilih A. membaca catatan, membaca
judul dan sub-judul dalam buku, dan melihat diagram dan ilustrasi B. meminta seseorang memberi
anda pertanyaan, atau menghafal dalam hati sendirian C. membuat catatan pada kartu
dan membuat model atau diagram |
|
2. Apa yang anda lakukan pada
waktu mendengarkan musik? A. berkhayal (melihat
benda-benda yang sesuai dengan musik yang sedang didengarkan) B. berdendang mengikuti alunan
musik tersebut C. bergerak mengikuti musik
tersebut, mengetukkan kaki mengikuti irama, dsb. |
|
3.
Pada
waktu anda memecahkan masalah, apakah anda A. membuat daftar, mengatur
langkah, dan mengeceknya setelah langkah itu dikerjakan B. menelpon teman atau ahli
untuk membicarakan masalah tersebut C. menguraikan (menganalisa)
masalah itu atau melakukan semua langkah yang anda pikirkan |
|
4. Jika anda ingin membaca untuk hiburan,
apakah anda memilih A. buku perjalanan dengan
banyak gambar di dalamnya B. cerita misteri yang penuh
dengan percakapan di dalamnya C. buku yang dapat menjawab
pertanyaan dan memecahkan masalah anda |
|
5. Untuk mempelajari bagaimana
cara kerja komputer, apakah anda memilih A. menonton film tentang cara
kerja computer B. mendengarkan seseorang
menjelaskan cara keja computer C. membongkar komputer dan
mencoba menemukan sendiri cara kerjanya |
|
6. Anda baru saja memasuki museum
ilmu pengetahuan, apa yang anda lakukan pertama kali? A. melihat sekeliling dan
menemukan peta yang menunjukkan lokasi berbagai benda yang dipamerkan B. berbicara dengan penjaga
museum dan bertanya kepadanya tentang benda-benda yang dipamerkan C. melihat pada benda pertama
yang kelihatan menarik, dan baru kemudian membaca petunjuk lokasi benda-benda
lainnya |
|
KUISIONER B |
PILIHAN
JAWABAN |
7. Jenis restoran apa yang tidak anda sukai? A. restoran yang lampunya
terlalu terang B. restoran yang musiknya
terlalu keras C. restoran yang kursinya tidak
nyaman |
|
8. Apakah anda lebih suka
mengikuti A. kelas melukis B. kelas music C. kelas olah raga |
|
9. Apa yang kira-kira anda
lakukan pada waktu anda merasa senang? A. meringis (tersenyum) B. berteriak dengan senang C. melompat dengan senang |
|
10. Seandainya anda berada pada
suatu pesta, apa yang kira-kira akan paling anda ingat pada keesokan harinya? A. muka orang-orang dalam
pesta, tetapi bukan namanya B. nama orang-orang dalam
pesta, tetapi bukan mukanya C. sesuatu yang anda lakukan
dan katakan selama dalam pesta |
|
11. Pada waktu anda bercerita,
apakah anda memilih untuk A. menulisnya B. menceritakannya dengan suara
keras C. memerankannya |
|
12. Apa yang paling mengganggu
bagi anda pada waktu anda mencoba untuk berkonsentrasi? A. gangguan visual B. suara gaduh C. gangguan lainnya seperti
rasa lapar, sepatu yang sempit, atau rasa khawatir |
|
13. Apa yang kira-kira anda
lakukan pada waktu anda marah? A. cemberut atau memperlihatkan
muka marah B. berteriak atau “mengamuk” C. menghentakkan kaki dengan
keras dan membanting pintu |
|
14. Apa yang kira-kira akan anda
lakukan pada waktu berdiri menunggu antrian di gedung bioskop? A. melihat-lihat pada poster
iklan film lainnya B. berbicara dengan orang di
sebelah anda C. mengetukkan kaki atau
berjalan ke arah lain |
|
ASESMEN DIAGNOSTIK
NON KOGNITIF (GAYA
BELAJAR PESERTA DIDIK)
Baca
dengan seksama uraian kuisioner dibawah ini
Pilih
salah satu jawaban A/B/C sesuai
dengan kecenderungan anda
KUISIONER C |
|
Nama
Peserta Didik |
: … |
Kelas |
: … |
No.
Absen |
: … |
Tgl/hari |
: … |
KUISIONER |
PILIHAN JAWABAN |
1. Ketika berbicara,
kecenderungan gaya bicara saya... A. Cepat B. Berirama C. Lambat |
|
2. Saya... A. Mampu merencanakan dan
mengatur kegiatan jangka panjang dengan baik B. Mampu mengulang dan menirukan
nada, perubahan, dan warna suara C. Mahir dalam mengerjakan
puzzle, teka-teki, menyusun potongan-potongan gambar |
|
3. Saya dapat mengingat dengan
baik informasi yang... A. Tertulis di papan tulis atau
yang diberikan melalui tugas membaca B. Disampaikan melalui
penjelasan guru, diskusi, atau rekaman C. Diberikan dengan cara
menuliskannya berkali-kali |
|
4. Saya menghafal sesuatu... A. Dengan membayangkannya B. Dengan mengucapkannya dengan
suara yang keras C. Sambil berjalan dan
melihat-lihat keadaan sekeliling |
|
5. Saya merasa sulit... A. Mengingat perintah lisan
kecuali jika dituliskan B. Menulis tetapi pandai
bercerita C. Duduk tenang untuk waktu
yang lama |
|
6. Saya lebih suka... A. Membaca daripada dibacakan B. Mendengar daripada membaca C. Menggunakan model dan praktek
atau praktikum |
|
7. Saya suka... A. Mencoret-coret selama
menelepon, mendengarkan musik, atau menghadiri rapat B. Membaca keras-keras dan
mendengarkan musik/pembicaraan C. Mengetuk-ngetuk pena, jari,
atau kaki saat mendengarkan musik/pembicaraan |
|
8. Saya lebih suka melakukan... A. Demonstrasi daripada
berpidato B. Diskusi dan berbicara
panjang lebar C. Berolahraga dan kegiatan
fisik lainnya |
|
KUISIONER |
PILIHAN JAWABAN |
9. Saya lebih menyukai... A. Seni rupa daripada musik B. Musik daripada seni rupa C. Olahraga dan kegiatan fisik
lainnya |
|
10. Ketika mengerjakan sesuatu,
saya selalu... A. Mengikuti petunjuk dan
gambar yang disediakan B. Membicarakan dengan orang
lain atau berbicara sendiri keras-keras C. Mencari tahu cara kerjanya
sambil mengerjakannya |
|
11. Konsentrasi saya terganggu
oleh... A. Ketidakteraturan atau
gerakan B. suara atau keributan C. Kegiatan di sekeliling |
|
12. Saya lebih mudah belajar
melalui kegiatan... A. Membaca B. Mendengarkan dan berdiskusi C. Praktek atau praktikum |
|
13. Saya berbicara dengan... A. Singkat dan tidak senang
mendengarkan pembicaraan panjang B. Cepat dan senang
mendengarkan C. Menggunakan isyarat tubuh
dan gerakan-gerakan ekspresif |
|
14. Untuk mengetahui suasana
hati seseorang, saya … A. Melihat ekspresi wajahnya B. Mendengarkan nada suara C. Memperhatikan gerakan
badannya |
|
15. Untuk mengisi waktu luang,
saya lebih suka … A. Menonton televisi atau
menyaksikan pertunjukan B. Mendengarkan radio, musik,
atau membaca C. Melakukan permainan atau
bekerja dengan menggunakan tangan |
|
16. Ketika mengajarkan sesuatu
kepada orang lain, saya lebih suka … A. Menunjukkannya B. Menceritakannya C. Mendemonstrasikannya dan
meminta mereka untuk mencobanya |
|
Lembar Analisis dan
Rekomendasi
Nama
Peserta Didik |
: … |
|
NIS |
: … |
|
Program
Keahlian |
: … |
|
Kelas |
: … |
|
|
||
Skor
yang diperoleh : |
Jumlah
jawaban A |
: … |
Jumlah
Jawaban B |
: … |
|
Jumlah
Jawaban C |
: … |
|
Kesimpulan Hasil Tes dan Rekomendasi |
||
Apabila
jawaban yang paling banyak adalah A |
Anda
dengan kecenderungan gaya belajar visual Anda
akan mencapai prestasi belajar yang optimal apabila memanfaatkan kemampuan
visual Anda. Anda
dapat membuat sendiri peta konsep atau ringkasan materi
perkuliahan. |
|
Apabila
jawaban yang paling banyak adalah B |
Anda
memiliki kecenderungan gaya belajar auditori. Anda
yang memiliki kecenderungan gaya belajar auditori akan mencapai prestasi
belajar yang optimal apabila Anda mempelajari materi dari mendengarkan baik
melalui penjelasan langsung dari guru , diskusi dengan guru dan
teman mahasiswa, maupun melalui rekaman materi yang sedang dipelajari. |
|
Apabila
jawaban yang paling banyak adalah C |
Anda
memiliki kecenderungan gaya belajar kinestetik. Anda
dengan gaya belajar kinestetik akan mencapai prestasi belajar secara optimal
apabila Anda terlibat langsung secara fisik dalam kegiatan belajar. Anda
dapat mengutak-atik atau memanipulasi
materi atau media yang digunakan dalam menjelaskan materi perkuliahan. |
|
Apabila
jawaban A dan B sama banyak |
Anda
memiliki gabungan gaya belajar visual dan auditori. Ada
hal tertentu yang Anda akan belajar efektif jika menggunakan gaya belajar
visual, dan ada hal lain yang Anda akan belajar efektif jika menggunakan gaya
belajar auditori. Bahkan,
kadang jika kedua gaya belajar digunakan, akan lebih optimal. |
|
Apabila
jawaban A dan C sama banyak |
Anda
memiliki gabungan gaya belajar visual dan kinestetik. Ada
hal tertentu yang Anda akan belajar efektif jika menggunakan gaya belajar
visual, dan ada hal lain yang Anda akan belajar efektif jika menggunakan gaya
belajar kinestetik. Bahkan, kadang jika kedua gaya belajar digunakan, akan
lebih optimal. |
|
Apabila
jawaban B dan C sama banyak |
Anda
memiliki gabungan gaya belajar auditori dan kinestetik. Ada
hal tertentu yang Anda akan belajar efektif jika menggunakan gaya belajar
auditori, dan ada hal lain yang Anda akan belajar efektif jika menggunakan
gaya belajar kinestetik.
Bahkan, kadang jika kedua gaya belajar digunakan, akan lebih optimal. |
BISA DI DOWNLOAD PA LINK DI BAWAH INI
Comments
Post a Comment