CONTOH INSTRUMEN SUPERVISI DARING

 

INSTRUMEN SUPERVISI ADMINISTRASI GURU

PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama  Sekolah                :    

Nama Guru                     :    

Jabatan                          :     

PETUNJUK

Berilah skor pada butir-butir Administrasi, Perencanaan (RPP), dan Pelaksanaan pembelajaran dengan cara melingkari angkla pada kolom skor( 1, 2, 3, 4) sesuai dengan criteria sebagai berikut : 1 = Tidak Baik : 2 = Kurang Baik : 3 = Cukup; 4= Baik ; 5 = Sangat Baik.

 

A.      ADMINISTRASI GURU

No

Aspek yang dinilai

Skor

1.

Jadwal Pelajaran

1         2          3         4        5

2.

Kalender Pendidikan

1         2          3         4        5

3.

Absen Siswa

1         2          3         4        5

4.

Daftar Nilai siswa

1         2          3         4        5

5.

Silabus

1         2          3         4        5

6.

Prota

1         2          3         4        5

7.

Program Pengajaran Semester 1

1         2          3         4        5

8.

Analisis KKM Semester 1

1         2          3         4        5

9.

Buku Daftar Nilai Raport

1         2          3         4        5

 

JUMLAH SKOR A

 

 

B.      RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

KI             :    ............................................................................................................................................

KD            :    ............................................................................................................................................

 

NO

Aspek yang dinilai

Skor

1.        

Kejelasan perumusan tujuan pembelajaran ( tidak menimbulkan penafsiran ganda dan mengandung perilaku hasil belajar)

1      2      3      4      5

2.        

Pemilihan materi ajar( sesuai dengan tujuan dan karakteristik peserta didik)

1      2      3      4      5

3.        

Pengorganisasian materi ajar (keruntutan, sistematika materi  dan ketidaksesuaian dengan alokasi waktu)

1      2      3      4      5

4.        

PemIlihan sumber / media pembelajaran (sesuai dengan tujuan, materi, dan karakteristik peserta didik)

1      2      3      4      5

5.        

Kejelasan skenario pembelajaran (langkah-langkah kegiatan pembelajaran : Kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan penutup)

1      2      3      4      5

6.        

Kerincian skenario pembelajaran(setiap langkah tercemin strategi/ metode dan alokasi waktu pada setiap tahap)

1      2      3      4      5

7.        

Kesesuaian teknik dengan tujuan pembelajaran

1      2      3      4      5

8.        

Kelengkapan instrumen (soal, kunci, pedoman penskoran)

1      2      3      4      5

 

JUMLAH SKOR B

 

 

 

 

 

C.      PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO

URAIAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DARING

Skor

 

I.      PENDAHULUAN

 

1.        

Guru memberi apersepsi ddan motivasi

1      2      3      4      5

2.        

Guru memberitahu tujuan pembelajaran yang akan di capai

1      2      3      4      5

 

II.    KEGIATAN INTI

 

 

A.      Penguasaan materi pelajaran

 

3.        

Guru menguasai materi pembelajaran (materi pembelajaran disampaikan dengan jelas

1      2      3      4      5

4.        

Guru mengelola kelas daring dengan baik

1      2      3      4      5

5.        

Guru berperan sebagai fasilitator dalam membantu mengatasi kesulitan peserta didik

1      2      3      4      5

6.        

Guru menggunakan teknik bertanya dengan Bahasa yang baik dan benar

1      2      3      4      5

7.        

Peserta didik berpasrtisifasi secara aktif dalam pembelajaran daring

1      2      3      4      5

8.        

Pada kegiatan pembelajaran Nampak ada proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi

1      2      3      4      5

9.        

Peserta didik aktif dalam berinteraksi dengan peserta didik lainnya

1      2      3      4      5

10.    

Ada penilaian Untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran

1      2      3      4      5

11.    

Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan  alokasi waktu yan di rencanakan

1      2      3      4      5

 

III.  PENUTUP

 

12.    

Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan

1      2      3      4      5

13.    

Guru melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan

1      2      3      4      5

 

JUMLAH SKOR C

 

 

TOTAL SKOR (A+B+C)

 

 

PREDIKAT

 

 

KETERANGAN

 

 

Interval Nilai

Predikat

Keterangan

134-150

A

Sangat Baik

115-133

B

Baik

100-116

C

Cukup

< 115

D

Kurang

 

KESIMPULAN :   ..........................................................................................................................................

SARAN          :    ..........................................................................................................................................

                                                                                                                    

                                                                                                     Garut

Guru yang disupervisi

 

 

 

 


Supervisor

 

 Dowload disini https://drive.google.com/file/d/1D5gBr-wyxgljgX1rVwD1ieR9Ode9yD1m/view?usp=sharing

 

Kepala Sekolah

 

 

 

 


 

Comments

Popular posts from this blog

SOAL DAN JAWABAN TES SKOLASTIK PENALARAN PPPK GURU 2021 PAKET 1

CONTOH PROGRAM KERJA UJIAN SEKOLAH

ASESMEN DIAGNOSTIK