CONTOH INSTRUMEN SUPERVISI DARING
INSTRUMEN
SUPERVISI ADMINISTRASI GURU
PERENCANAAN DAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Nama Guru :
Jabatan :
PETUNJUK
Berilah skor pada butir-butir
Administrasi, Perencanaan (RPP), dan Pelaksanaan pembelajaran dengan cara
melingkari angkla pada kolom skor( 1, 2, 3, 4) sesuai dengan criteria sebagai
berikut : 1 = Tidak Baik : 2 = Kurang Baik : 3 = Cukup; 4= Baik ; 5 = Sangat
Baik.
A.
ADMINISTRASI GURU
No |
Aspek yang dinilai |
Skor |
1. |
Jadwal Pelajaran |
1 2 3 4 5 |
2. |
Kalender Pendidikan |
1 2 3 4 5 |
3. |
Absen Siswa |
1 2 3 4 5 |
4. |
Daftar Nilai siswa |
1 2 3 4 5 |
5. |
Silabus |
1 2 3 4 5 |
6. |
Prota |
1 2 3 4 5 |
7. |
Program Pengajaran Semester 1 |
1 2
3 4 5 |
8. |
Analisis KKM Semester 1 |
1 2 3 4 5 |
9. |
Buku Daftar Nilai Raport |
1 2 3 4 5 |
|
JUMLAH
SKOR A |
|
B.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KI : ............................................................................................................................................
KD : ............................................................................................................................................
NO |
Aspek yang dinilai |
Skor |
1.
|
Kejelasan
perumusan tujuan pembelajaran ( tidak menimbulkan penafsiran ganda dan
mengandung perilaku hasil belajar) |
1
2 3 4
5 |
2.
|
Pemilihan
materi ajar( sesuai dengan tujuan dan karakteristik peserta didik) |
1
2 3 4
5 |
3.
|
Pengorganisasian
materi ajar (keruntutan, sistematika materi
dan ketidaksesuaian dengan alokasi waktu) |
1
2 3 4
5 |
4.
|
PemIlihan
sumber / media pembelajaran (sesuai dengan tujuan, materi, dan karakteristik
peserta didik) |
1
2 3 4
5 |
5.
|
Kejelasan
skenario pembelajaran (langkah-langkah kegiatan pembelajaran
: Kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan penutup) |
1
2 3 4
5 |
6.
|
Kerincian
skenario pembelajaran(setiap langkah tercemin strategi/ metode dan alokasi
waktu pada setiap tahap) |
1
2 3 4
5 |
7.
|
Kesesuaian
teknik dengan tujuan pembelajaran |
1
2 3 4
5 |
8.
|
Kelengkapan
instrumen (soal, kunci, pedoman penskoran) |
1
2 3 4
5 |
|
JUMLAH
SKOR B |
|
C.
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO |
URAIAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DARING |
Skor |
|
I. PENDAHULUAN |
|
1.
|
Guru memberi
apersepsi ddan motivasi |
1
2 3 4
5 |
2.
|
Guru
memberitahu tujuan pembelajaran yang akan di capai |
1
2 3 4
5 |
|
II. KEGIATAN
INTI |
|
|
A.
Penguasaan materi pelajaran |
|
3.
|
Guru menguasai
materi pembelajaran (materi pembelajaran disampaikan dengan jelas |
1
2 3 4
5 |
4.
|
Guru mengelola
kelas daring dengan baik |
1
2 3
4 5 |
5.
|
Guru berperan
sebagai fasilitator dalam membantu mengatasi kesulitan peserta didik |
1
2 3 4
5 |
6.
|
Guru
menggunakan teknik bertanya dengan Bahasa yang baik dan benar |
1
2 3 4
5 |
7.
|
Peserta didik berpasrtisifasi
secara aktif dalam pembelajaran daring |
1
2 3 4
5 |
8.
|
Pada kegiatan
pembelajaran Nampak ada proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi |
1
2 3 4
5 |
9.
|
Peserta didik
aktif dalam berinteraksi dengan peserta didik lainnya |
1
2 3 4
5 |
10. |
Ada penilaian
Untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran |
1
2 3 4
5 |
11. |
Pelaksanaan
pembelajaran sesuai dengan alokasi
waktu yan di rencanakan |
1
2 3 4
5 |
|
III. PENUTUP |
|
12. |
Guru
membimbing peserta didik membuat kesimpulan |
1
2 3 4
5 |
13. |
Guru melaksanakan
tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan atau tugas sebagai
bagian remidi/pengayaan |
1
2 3 4
5 |
|
JUMLAH
SKOR C |
|
|
TOTAL SKOR
(A+B+C) |
|
|
PREDIKAT |
|
|
KETERANGAN |
|
Interval Nilai |
Predikat |
Keterangan |
134-150 |
A |
Sangat Baik |
115-133 |
B |
Baik |
100-116 |
C |
Cukup |
< 115 |
D |
Kurang |
KESIMPULAN : ..........................................................................................................................................
SARAN : ..........................................................................................................................................
Garut
Guru yang disupervisi |
Supervisor |
Kepala Sekolah |
Comments
Post a Comment