SOAL DAN JAWABAN KEMAMPUAN TEKNIS PPPK GURU 2021 PAKET 2

 

SOAL DAN JAWABAN KEMAMPUAN TEKNIS PAKET 2

PPPK GURU

 

1. Media pembelajaran yang cocok untuk menjelaskan materi tentang Kenarok dan Kendedes adalah…. 

A. Sejarah tokoh masyarakat jawa

B. Sumber buku paket

C. Gambar peta dan globe

D. Video kisah kenarok dan kendedes

E. Gambar candi

 

2. Pemberian Umpan balik jika siswa heterogen adalah…. *

A. Representative feedback

B. Comulatif feedback

C. Quantitative Feedback

D. Institutionalized Feedback

E. Eksternal feedback

 

3. Pemberian Umpan balik kepada peserta didik penting dilakukan meningkatkan keberhasilan, memperbaiki kesalahan, membantu untuk mengungkap kesalahpahaman, menyarankan perbaikan tertentu, jenis umpan balik jika siswa homogen adalah…. 

A. Representative feedback

B.Comulatif feedback

C.Quantitative Feedback

D. Institutionalized Feedback

E. Eksternal feedback

 

4. Pengamatan Pertumbuhan pohon singkong merupakan penilaian.... 

A. Kinerja

B. Produk

C. Portofolio

D. Proyek

E. Praktik

 

5. Menyanyikan lagu indonesia raya merupakan penilaian... 

A. Kinerja

B. Produk

C. Portofolio

D. Proyek

E. Praktik

 

6. Membuat anyaman merupakan penilaian…. 

A. Kinerja

B. Produk

C. Portofolio

D. Proyek

E. Praktik

 

7. Siswa membuat laporan hasil pengamatan proses fotosintesis termasuk penilaian .... 

A. Kinerja

B. Produk

C. Portofolio

D. Proyek

E. Praktik

 

8. Siswa menyajikan laporan hasil pengamatan proses fotosintesis termasuk penilaian .... 

A. Kinerja

B. Produk

C. Portofolio

D. Proyek

E. Praktik

 

9. Siswa diminta mengamati proses fotosintesis termasuk penilaian... *

A. Kinerja

B. Produk

C. portofolio

D. Proyek

E. Praktik

 

10. Dalam pembelajaran di kelas anda terdapat 2 siswa anda yang berkebutuhan khusus, pembelajaran apa yang tepat dilakukan dalam menghadapi kondisi ini… 

A. menyuruh anak itu mngerjakan soal kedepaan dan membimbingnya

B. Membagi kelompok diskusi

C. Melakukan pembimbingan di tempat duduk mereka

D. Mengelompokan dengan siswa pintar agar bisa ikut terimbas

E. Memisahkan kedua siswa dengan siswa normal lainnya dengan perlakuan berbeda

 

11. Jika ingin membangkitkan rasa ingin tau dan gemar membaca maka cara efektif yangakan anda lakukan adalah…. 

A.diajak ke perpus rutin dan membuat mading poster

B.diajak ke laboratorium sains dan mencari literatur tentang sains

C.Kegiatan membaca rutin setiap pagi sebelum masuk ruangan dan membuat majalah dinding

D.Memajang hasil karya puisi siswa

E. Lomba menulis naskah drama.

 

12. Penilaian harus mampu menelusuri dan melacak kemajuan siswa sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah ditetapkan. ini prinsip penilaian sebagai.... 

A. Keeping track

B. Checking up

C. Finding out

D. Summing up

E. Finding in

 

13. Penilaian harus mampu mengecek ketercapaian kemampuan peserta didik dalam proses pembelajaran. Ini adalah Prinsip penilaian otentik sebagai... 

A. Keeping track

B. Checking up

C. Finding out

D. Summing up

E. Finding in

 

14. Guru menguasai bidang keilmuan lain yang menunjang proses pembelajaran adalah kompetensi...

A. Pedagogik

B. Profesional

C. Kepribadian

D. Sosial

E. Budaya

 

15. Dalam mengawali pelajarannya, Pak Mamaz Nendar menyampaikan suatu permasalahan guna menggugah dan menimbulkan kepenasaran-kepenasaran para siswanya. Langkah tersebut bertujuan untuk mendorong para siswa agar mau mengembangkan kreativitasnya . Langkah yang dilakukan Pak Mamaz Nendar itu merupakan bagian dari model pembelajaran…. 

A. portofolio

B. saintifik

C. Diskoveri learning

D. Autentik

E. Contekstual Teaching and learning

 

16. Dalam mengawali pelajarannya, Pak Ali merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari model pembelajaran… 

A. portofolio

B. saintifik

C. penemuan

D. Autentik

E. Kontekstual

 

17. Manakah cara yang paling efektif dan bermakna dalam mengkomunikasikan hasil penilaian harian atau capaian sementara kepada siswa dan orangtua,

a. Menggunakan angka angka dan peringkat sementara siswa dalam kelas

b. Menggunakan angka angka tanpa disertai peringkat

c. dalam bentuk kategori A: sangat baik, B= baik, C=kurang, D, kurang sekali

d. Dalam bentuk angka, KKM yang dicapai pada mata pelajaran dan kelulusannya

e. Dalam bentuk deskripsi tentang kkm yang sudah dicapai dan belum dicapai

 

18. Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus dapat menilai kemampuan siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum dan meliputi berbagai aspek. Hal ini sesuai denganprinsip …. 

A. Terbuka

B. menyeluruh.

C. bermakna

D. adil

E. sahih

 

19. Salah satu indikator yang yang dapat menunjukkan kualitas butir tes uraian yang baikadalah .... 

A. menuntut jawaban berupa ungkapan pendapat siswa

B. menuntut jawaban berupa fakta-fakta yang sebenarnya

C. ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar

D. ditulis oleh guru yang mengajar dikelas dikelas

E. pertanyaan tidak berupa kalimat yang panjang

20. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pengembangan kisikisi tes uraian, kecuali .... 

A. penentuan alokasi waktu

B. penentuan pokok bahasan

C. penentuan indikator/tujuan

D. pendistribusian butir soal

E. pendistribusian butir soal

Comments

Popular posts from this blog

SOAL DAN JAWABAN TES SKOLASTIK PENALARAN PPPK GURU 2021 PAKET 1

CONTOH PROGRAM KERJA UJIAN SEKOLAH

ASESMEN DIAGNOSTIK