SOAL DAN JAWABAN KEMAMPUAN TEKNIS PPPK GURU 2021 PAKET 2
SOAL DAN JAWABAN
KEMAMPUAN TEKNIS PAKET 2
PPPK GURU
1. Media
pembelajaran yang cocok untuk menjelaskan materi tentang Kenarok dan Kendedes
adalah….
A.
Sejarah tokoh masyarakat jawa
B.
Sumber buku paket
C.
Gambar peta dan globe
D. Video kisah kenarok dan kendedes
E.
Gambar candi
2.
Pemberian Umpan balik jika siswa heterogen adalah…. *
A. Representative feedback
B. Comulatif
feedback
C. Quantitative
Feedback
D.
Institutionalized Feedback
E.
Eksternal feedback
3.
Pemberian Umpan balik kepada peserta didik penting dilakukan meningkatkan keberhasilan,
memperbaiki kesalahan, membantu untuk mengungkap kesalahpahaman, menyarankan
perbaikan tertentu, jenis umpan balik jika siswa homogen adalah….
A.
Representative feedback
B.Comulatif feedback
C.Quantitative
Feedback
D.
Institutionalized Feedback
E.
Eksternal feedback
4.
Pengamatan Pertumbuhan pohon singkong merupakan penilaian....
A.
Kinerja
B.
Produk
C.
Portofolio
D. Proyek
E.
Praktik
5.
Menyanyikan lagu indonesia raya merupakan penilaian...
A.
Kinerja
B.
Produk
C.
Portofolio
D.
Proyek
E. Praktik
6.
Membuat anyaman merupakan penilaian….
A.
Kinerja
B. Produk
C.
Portofolio
D.
Proyek
E.
Praktik
7. Siswa
membuat laporan hasil pengamatan proses fotosintesis termasuk penilaian
....
A.
Kinerja
B. Produk
C.
Portofolio
D.
Proyek
E.
Praktik
8. Siswa
menyajikan laporan hasil pengamatan proses fotosintesis termasuk penilaian
....
A.
Kinerja
B.
Produk
C.
Portofolio
D.
Proyek
E. Praktik
9. Siswa
diminta mengamati proses fotosintesis termasuk penilaian... *
A.
Kinerja
B.
Produk
C.
portofolio
D. Proyek
E.
Praktik
10.
Dalam pembelajaran di kelas anda terdapat 2 siswa anda yang berkebutuhan khusus,
pembelajaran apa yang tepat dilakukan dalam menghadapi kondisi ini…
A.
menyuruh anak itu mngerjakan soal kedepaan dan membimbingnya
B.
Membagi kelompok diskusi
C. Melakukan pembimbingan di tempat duduk
mereka
D.
Mengelompokan dengan siswa pintar agar bisa ikut terimbas
E.
Memisahkan kedua siswa dengan siswa normal lainnya dengan perlakuan berbeda
11. Jika
ingin membangkitkan rasa ingin tau dan gemar membaca maka cara efektif yangakan
anda lakukan adalah….
A.diajak
ke perpus rutin dan membuat mading poster
B.diajak
ke laboratorium sains dan mencari literatur tentang sains
C.Kegiatan membaca rutin setiap pagi sebelum
masuk ruangan dan membuat majalah dinding
D.Memajang
hasil karya puisi siswa
E. Lomba
menulis naskah drama.
12.
Penilaian harus mampu menelusuri dan melacak kemajuan siswa sesuai dengan
rencana pembelajaran yang telah ditetapkan. ini prinsip penilaian
sebagai....
A. Keeping track
B.
Checking up
C.
Finding out
D.
Summing up
E.
Finding in
13.
Penilaian harus mampu mengecek ketercapaian kemampuan peserta didik dalam
proses pembelajaran. Ini adalah Prinsip penilaian otentik sebagai...
A.
Keeping track
B. Checking up
C.
Finding out
D.
Summing up
E.
Finding in
14. Guru
menguasai bidang keilmuan lain yang menunjang proses pembelajaran adalah kompetensi...
A. Pedagogik
B.
Profesional
C.
Kepribadian
D.
Sosial
E.
Budaya
15.
Dalam mengawali pelajarannya, Pak Mamaz Nendar menyampaikan suatu permasalahan
guna menggugah dan menimbulkan kepenasaran-kepenasaran para siswanya. Langkah
tersebut bertujuan untuk mendorong para siswa agar mau mengembangkan
kreativitasnya . Langkah yang dilakukan Pak Mamaz Nendar itu merupakan bagian
dari model pembelajaran….
A.
portofolio
B.
saintifik
C. Diskoveri learning
D.
Autentik
E.
Contekstual Teaching and learning
16.
Dalam mengawali pelajarannya, Pak Ali merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data
(informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data
(informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri
dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Langkah
yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari model pembelajaran…
A.
portofolio
B. saintifik
C.
penemuan
D.
Autentik
E.
Kontekstual
17.
Manakah cara yang paling efektif dan bermakna dalam mengkomunikasikan hasil penilaian
harian atau capaian sementara kepada siswa dan orangtua,
a.
Menggunakan angka angka dan peringkat sementara siswa dalam kelas
b.
Menggunakan angka angka tanpa disertai peringkat
c. dalam
bentuk kategori A: sangat baik, B= baik, C=kurang, D, kurang sekali
d. Dalam
bentuk angka, KKM yang dicapai pada mata pelajaran dan kelulusannya
e. Dalam bentuk deskripsi tentang kkm yang
sudah dicapai dan belum dicapai
18.
Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus dapat menilai kemampuan siswa sesuai
dengan tuntutan kurikulum dan meliputi berbagai aspek. Hal ini sesuai
denganprinsip ….
A.
Terbuka
B. menyeluruh.
C.
bermakna
D. adil
E. sahih
19.
Salah satu indikator yang yang dapat menunjukkan kualitas butir tes uraian yang
baikadalah ....
A. menuntut jawaban berupa ungkapan pendapat
siswa
B.
menuntut jawaban berupa fakta-fakta yang sebenarnya
C.
ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar
D.
ditulis oleh guru yang mengajar dikelas dikelas
E.
pertanyaan tidak berupa kalimat yang panjang
20.
Berikut ini merupakan faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pengembangan
kisikisi tes uraian, kecuali ....
A.
penentuan alokasi waktu
B.
penentuan pokok bahasan
C. penentuan indikator/tujuan
D.
pendistribusian butir soal
E.
pendistribusian butir soal
Comments
Post a Comment