KISI KISI USBN PAI
PEMERINTAH KABUPATEN GARUT
DINAS
PENDIDIKAN
Jalan
Pembangunan No. 179 telp. (0262) 233155-Garut
KISI-KISI
UJIAN SEKOLAH
BERSTANDAR NASIONAL (USBN)
TAHUN PELAJARAN 2017-2018
JENIS SEKOLAH :
SMP ALOKASI
WAKTU : 120 MENIT
MATA PELAJARAN :
IPA JUMLAH
SOAL : 40
KURIKULUM :
2013 BENTUK
SOAL : 35 PG + 5 URAIAN
KELAS : IX
NO.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK
|
INDIKATOR
|
NO
SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
Mengklasifikasikan makhluk hidup
dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati
|
Ciri-ciri
makhluk hidup
|
Menentukan zat
yang dibutuhkan tumbuhan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya
|
1
|
2
|
Menjelaskan konsep campuran dan zat tunggal (unsur
dansenyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam
kehidupan sehari-hari
|
Campuran
|
Menganalisis
cara pemisahan larutan/campuran melalui gambar yang disajikan
|
2
|
3
|
Menganalisis konsep energi,
berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan
sehari-hari termasuk fotosintesis
|
Fotosintesis
|
Mengidentifikasi proses fotosintesis
berdasarkan gambar yang disajikan
|
3
|
4
|
Mengidentifikasi sistem organisasi
kehidupan mulai dari tingkat selsampai organisme dan komposisi utama penyusun
sel
|
Sel
|
Mengidentifikasi organel sel dan
fungsinya berdasarkan gambar yang disajikan
|
4
|
5
|
Menganalisis interaksi antara
makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi
akibat interaksi tersebut
|
Interaksi
Mahluk Hidup dengan lingkungan
|
Menjelaskan yang akan terjadi jika salah satu
populasi berkurang dalam suatu jaring-jaring makanan atau rantai makanan yang
terdapat dalam gambar
|
5
|
6
|
Menganalisis interaksi
antara
makhluk hidupdan
lingkungannya
serta dinamika populasi
akibat
interaksi tersebut
|
Kependudukan
dan Lingkungan
|
Mengkolerasikan
hubungan penyebab penyakit tertentu dengan variable lain berdasarkan grafik yang
disajikan
|
6
|
7
|
Menganalisis terjadinya
Pencemaran lingkungan dan
dampaknya bagi ekosistem
|
Pencemaran
Lingkungan
|
Menganalisis kondisi suatu
organisme dalam suatu wilayah tertentu
|
7
|
8
|
Menganalisis gerak pada makhluk
hidup, sistem gerak pada manusia dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak
|
Gerak
pada tumbuhan
|
Menentukan
penyebab terjadinya suatu proses gerak pada tumbuhan
|
8
|
9
|
Menganalisis gerak pada makhluk
hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak
|
Sistem
gerak pada manusia
|
Menentukan
kerja otot antagonis atau protagonis
|
9
|
10
|
Menganalisis keterkaitan
struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi
oleh struktur tumbuhan
|
Struktur
dan Fungsi Tumbuhan
|
Menjelaskan nama organel sel, jaringan, atau organ
pada bagian tumbuhan beserta fungsinya
|
10
|
11
|
Menganalisis system
pencernaan pada manusia dan memahami gangguan yang berhubungan dengan system
pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan system pencernaan
|
Sistem
Pencernaan Pada Manusia
|
Menyimpulkan hasil percobaan uji makanan berdasarkan
data yang disajikan
|
11
|
12
|
Menjelaskan berbagai zat aditif
dalam makanan dan minuman, zat adiktif serta dampaknya terhadap kesehatan
|
Pengaruh
aditif dan adiktif terhadap kesehatan
|
Mengidentifikasi akibat
penyalahgunaan zat adiktif tertentu terhadap kesehatan fisik dan mental
berdasarkan gambar yang disajikan
|
12
|
13
|
Menjelaskan berbagai zat aditif
dalam makanan dan minuman, zat adiktif serta dampaknya terhadap kesehatan
|
Jenis
zat aditif alami dan buatandalam
makanan dan minuman
|
Menentukan
jenis zat aditif yang biasa digunakan
pada makanan tertentu
|
13
|
14
|
Menganalisis system
peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem peredaran
darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah
|
Sistem
Peredaran Darah
|
Menganalisis golongan
darah yang tepat untuk proses transfuse darah berdasarkan data dan gambar
yang disajikan
|
14
|
15
|
Menganalisis sistem pernapasan
pada manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasan serta upaya menjaga
kesehatan sistem pernapasan
|
Sistem
pernapasan pada manusia
|
Mengidentifikasi dampak yang
dirasakan oleh system pernapasan pada seseorang yang melakukan aktivitas
tertentu.
|
15
|
16
|
Menganalisis sistem ekskresi pada
manusia dan memahami gangguan pada sistem ekskresi serta upaya menjaga
kesehatan sistem ekskresi
|
Sistem
ekskresi pada manusia
|
Menentukan bagian salah satu organ
ekskresi beserta produk yang dihasilkannya
|
16
|
17
|
Menghubungkan sistem reproduksi
pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi serta penerapan pola hidup
yang menunjang kesehatan reproduksi
|
Sistem
reproduksi pada manusia
|
Menentukan
bagian dari organ reproduksi wanita atau pria berdasarkan fungsi yang
dimilikinya melalui gambar yang disajikan
|
17
|
18
|
Menganalisis system
perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewanserta penerapan teknologi pada sistem
reproduksi tumbuhan dan hewan
|
Sistem
perkembangbiakan
pada tumbuhan dan
hewan
|
Menentukan sifat dari reproduksi vegetatif atau
generative pada tumbuhan melalui gambar yang disajikan
|
18
|
19
|
Menerapkan konsep bioteknologi dan perannya dalam
kehidupan manusia
|
bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia
|
Menentukan cara untuk
perbaikan mutu genetic berdasarkan data dan gambar yang disajikan
|
19
|
20
|
Menerapkan konsep bioteknologi dan
perannya dalam kehidupan manusia
|
Penerapan
bioteknologi
|
Menentukan
contoh penerapan bioteknologi tradisional berdasarkan data yang disajikan
|
20
|
21
|
Menerapkan konsep pengukuran
berbagai
besaran
dengan
menggunakan satuan standar (baku)
|
Objek
IPA dan Pengamatannya
|
Menentukan besaran pokok atau besaran turunan beserta satuan
SI-nya berdasarkan data yang disajikan
|
21
|
22
|
Menganalisis konsep
suhu,
pemuaian, kalor, perpindahan
kalor, dan
penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
termasuk
mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh
pada manusia dan
hewan
|
Suhu
dan Perubahannya
|
Menentukan perubahan suhu suatu
zat dalam satuan SI berdasarkan gambar yang disajikan
|
22
|
23
|
Menganalisis konsep
suhu,
pemuaian, kalor, perpindahan
kalor, dan
penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
termasuk
mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh
pada manusia dan
hewan
|
Kalor
dan perpindahannya
|
Menghitung salah satu variable
pada kalor berdasarkan grafik yang disajikan
|
23
|
24
|
Menganalisis konsep
suhu,
pemuaian, kalor, perpindahan
kalor, dan
penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
termasuk
mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh
pada manusia dan
hewan
|
Suhu
dan Perubahannya
|
Menentukan sifat bimetal apabila
dipanaskan atau didinginkan berdasarkan data-data koefisien muai panjang
logam yang disajikan
|
24
|
25
|
Menganalisis
sistem tata surya, rotasi
dan revolusi
bumi, rotasi dan
revolusi bulan, serta dampaknya bagi
kehidupan di bumi
|
Tata
surya
|
Menentukan dampak terjadinya revolusi
atau rotasi bumi berdasarkan tabel fenomena alam yang disajikan
|
25
|
26
|
Menganalisis
gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak
berdasarkan
Hukum Newton, dan penerapannya
pada gerak benda dan gerak
makhluk hidup
|
Gerak
benda dan makhluk hidup di lingkungan sekitar
|
Menganalisis jenis gerak gerak
lurus beraturan atau gerak lurus berubah beraturan berdasarkan data yang
disajikan
|
26
|
27
|
Menjelaskan konsep usaha, pesawat
sederhana, dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka
manusia
|
Usaha
dan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
|
Menggunakan konsep gaya pada dua
sebuah benda yang bergerak berdasasrkan gambar yang disajikan.
|
27
|
28
|
Menjelaskan konsep usaha, pesawat
sederhana, dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka
manusia
|
Usaha
dan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
|
Menggunakan konsep pesawat
sederhana pada sebuah benda berdasarkan gambar yang disajikan
|
28
|
29
|
Menjelaskan tekanan zat dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah,
osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut
pada tumbuhan
|
Tekanan
zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Menggunakan konsep tekanan zat
padat atau zat cair pada dua buah benda berdasarkan gambar yang disajikan
|
29
|
30
|
Menganalisis
konsep
getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari termasuk sistem pendengaran manusia dan sistem sonar pada hewan
|
Getaran
dan gelombang dalam kehidupan sehari-hari
|
Menggunakan konsep gelombang
transversal atau gelombang longitudinal pada sebuah benda berdasarkan gambar
yang disajikan
|
30
|
31
|
Menganalisis
konsep
getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari termasuk sistem pendengaran manusia dan sistem sonar pada hewan
|
Getaran
dan gelombang dalam kehidupan sehari-hari
|
Menggunakan konsep getaran dan
gelombang untuk menentukan variable tertentu apabila variable lainnya
diketahui berdasarkan gambar yang disajikan
|
31
|
32
|
Menganalisis
sifat-sifat
cahaya, pembentukan
bayangan pada bidang datar dan lengkung serta penerapannya untuk
menjelaskan proses penglihatan manusia, mata serangga, dan
prinsip kerja alat
optik
|
Cahaya
dan alat optik
|
Menentukan sifat bayangan benda,
jarak benda, jarak bayangan atau perbesaran benda pada sebuah cermin atau
lensa berdasarkan gambar yang disajikan
|
32
|
33
|
Menjelaskan konsep listrik
statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kelistrikan
pada sistem saraf dan hewan
yang mengandung listrik
|
Kelistrikan
dan teknologi listrik di lingkungan
|
Menentukan jenis muatan listrik
bola-bola konduktor berdasarkan gambar yang disajikan
|
33
|
34
|
Menjelaskan konsep listrik
statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kelistrikan
pada sistem saraf dan hewan
yang mengandung listrik
|
Kelistrikan
dan teknologi listrik di lingkungan
|
Menggunakan konsep kelistrikan
untuk menentukan besarnya suatu variable apabila variable lain diketahui
berdasarkan gambar rangkaian listrik yang disajikan
|
34
|
35
|
Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk
menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi
elektromagnetik
|
Induksi
elektromagnetik
|
Menentukan jenis transformator
berdasarkan besar tegangan, kuat arus listrik dan jumlah lilitannya
berdasarkan tabel yang disajikan
|
35
|
36
|
Menganalisis sistem pencernaan
pada manusia dan memahami gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan,
serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan
|
Sistem
pencernaan makanan pada manusia
|
Menjelaskan proses yang terjadi
pada salah satu organ pencernaan makanan manusia
|
36
|
37
|
Menganalisis konsep energi,
berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan
sehari-hari termasuk fotosintesis
|
Fotosintesis
|
Menganalisis
proses yang terjadi pada peristiwa fotosintesis
|
37
|
38
|
Menerapkan konsep pewarisan
sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup
|
Pewarisan
Sifat
|
Menentukan perbandingan genotip dan fenotip F2 dari persilangan
monohibrida atau dihibrid
|
38
|
39
|
Menerapkan konsep rangkaian listrik, energi dan
daya listrik, sumber energi listrik dalam kehidupan sehari-hari
termasuk
sumber energi listrik alternatif, serta berbagai upaya menghemat energi listrik
|
Kelistrikan
dan teknologi listrik di lingkungan
|
Menganalisis daya, waktu, atau biaya
yang harus dibayar berdasarkan tabel penggunaan alat-alat listrik di rumah tangga
dalam kehidupan sehari-hari
|
39
|
40
|
Menerapkan
konsep kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan pemanfaatan
medan magnet
dalam kehidupan
sehari-hari termasuk
pergerakan/navigasi hewan
untuk mencari makanan
dan migrasi
|
Kemagnetan
dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Menentukan besar variabel-variabel
yang terdapat pada stransformator tertentu berdasarkan tabel yang disajikan
|
40
|
Comments
Post a Comment