RPP MATEMATIKA KELAS 5


   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MATEMATIKA


Satuan Pendidikan        : SDN 1 LEMBANG
Kelas / Semester           :  5 /1
Pelajaran                        : Bilangan Berpangkat dan Akar Pangkat
Sub Pelajaran                : Bilangan Berpangkat
Pertemuan                    : 1
Alokasi waktu                : 90 menit



A.     KOMPETENSI INTI
  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
  1. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
  2. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.      KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1. Menjelaskan dan melakukan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah

3.1.1. Memahami arti dan cara mengopersikan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah
4.1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah

4.1.1. Mengidentifikasi masalah dan latihan soal yang berkaitan dengan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah

C.     TUJUAN
  1. Siswa mampu memahami arti dari bilangan berpangkat
  2. Siswa mampu menjelaskan dari bilangan berpangkat
  3. Siswa mampu memahami operasi bilangan berpangkat dua dan tiga.
  4. Siswa mampu mengidentifikasi masalah tentang bilangan berpangkat
  5. Siswa mampu menyelesaikan masalah tentang bilangan berpangkat

D.     MATERI
  1. Bilangan berpangkat

E.      PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan            : Scientific
Strategi                  : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Pengamatan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek




F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.       Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2.       Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.       Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan
4.       Guru memberi motivasi dan kegiatan untuk menambah konsentrasi siswa
5.       Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.       Guru mengulas kembali materi yang disampaikan sebelumnya
7.       Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini

    10
    menit
Kegiatan
Inti
A.     Mengamati
  1. Siswa mengamati dan guru menjelaskan tentang bilangan berpangkat dua dan tiga
  1. Menjelaskan pengertian bilangan berpangkat

B.      Menanya
1.       Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan
2.       Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami tentang bilangan berpangkat
3.       Guru menjelasakan pertanyaan siswa

C.      Menalar
1.       Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya tentang bilangan berpangkat
2.       Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan menjelaskan hasil diskusi tentang bilangan berpangkat dua dan tiga dengan bimbingan guru
3.       Guru memberikan pembenaran dan masukan apabila terdapat kesalahan atau kekurangan pada siswa
4.       Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang bilangan berpangkat dua dan tiga

D.     Mencoba
1.       Guru memberikan beberapa soal latihan kepada siswa tentang bilangan berpangkat.
·         62= ….
·         33= ….
2.       Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan tersebut secara individu
3.       Guru menunjuk beberapa siswa untuk menuliskan hasil pekerjaanya didepan kelas secara bergantian

Hasilnya;
·         6 x 6 = 36
·         3 x 3 x 3 = 27

E.      Mengkomunikasikan
  1. Siswa mempresentasikan secara lisan kepada teman-temanya tentang bilangan berpangkat
  2. Siswa menyampaikan manfaat belajar bilangan berpangkat yang dilakauan secara lisan di depan teman dan guru.

   65
    menit

Kegiatan
Penutup
1.       Guru memberikan penguatan materi dan kesimpulan dari bilangan berpangkat
2.       Guru mengapresiasi hasil kerja siswa dan memberikan motivasi
3.       Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak
4.       Salam dan do’a penutup.
    15
    menit


G.     SUMBER DAN  MEDIA
1.       Buku Pedoman Guru Kelas 5 dan Buku Siswa Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
2.       BSE KTSP
3.       Software Pengajaran  kelas 5 SD/MI dari JGC

H.     PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan praktek/unjuk kerja sesuai dengan rubrik penilaian sebagai berikut;

Butir soal;
  1. 232 = ….
  2. 453 = ….
  3. 152 = ….
  4. 123 = ….
  5. 52 = ….





Catatan Guru
1. Masalah        :……….
2. Ide Baru                   :………..
3. Momen Spesial         :………….




Mengetahui,
Kepala Sekolah



OLEH, S.Pd
NIP. 19670314 199403 1 007
Lembang,…………………………….2019
Guru Kelas V



IMAS ROHIMAH, S.Pd
NUPTK. 1742 7666 6721 0072




Comments

Popular posts from this blog

SOAL DAN JAWABAN TES SKOLASTIK PENALARAN PPPK GURU 2021 PAKET 1

CONTOH PROGRAM KERJA UJIAN SEKOLAH

ASESMEN DIAGNOSTIK