RPP MATEMATIKA KELAS 5
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MATEMATIKA
Satuan Pendidikan :
SDN 1 LEMBANG
Kelas / Semester : 5 /1
Pelajaran
:
Bilangan Berpangkat dan Akar Pangkat
Sub Pelajaran :
Bilangan Berpangkat
Pertemuan : 1
Alokasi waktu
: 90 menit
A.
KOMPETENSI INTI
- Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya.
- Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan
tempat bermain.
- Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Matematika
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.1. Menjelaskan dan melakukan pemangkatan (pangkat dua
dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah
|
3.1.1.
Memahami arti dan cara mengopersikan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan
penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah
|
4.1. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan
penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah
|
4.1.1. Mengidentifikasi masalah dan
latihan soal yang berkaitan dengan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan
penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah
|
C.
TUJUAN
- Siswa
mampu memahami arti dari bilangan berpangkat
- Siswa
mampu menjelaskan dari bilangan berpangkat
- Siswa
mampu memahami operasi bilangan berpangkat dua dan tiga.
- Siswa
mampu mengidentifikasi
masalah tentang bilangan berpangkat
- Siswa
mampu menyelesaikan
masalah tentang bilangan berpangkat
D.
MATERI
- Bilangan berpangkat
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Pengamatan, Penugasan, Tanya
Jawab, Diskusi dan Praktek
F.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Guru memberikan salam
dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2. Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
3. Mengajak berdinamika
dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan
4. Guru memberi motivasi
dan kegiatan untuk menambah konsentrasi siswa
5. Guru menyiapkan fisik
dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6. Guru mengulas kembali
materi yang disampaikan sebelumnya
7. Menyampaikan tujuan
pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
A.
Mengamati
B.
Menanya
1.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa
untuk bertanya tentang materi yang disampaikan
2.
Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum
di pahami tentang bilangan berpangkat
3.
Guru menjelasakan pertanyaan siswa
C.
Menalar
1.
Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya
tentang bilangan berpangkat
2.
Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan
menjelaskan hasil diskusi tentang bilangan berpangkat dua dan tiga dengan
bimbingan guru
3.
Guru memberikan pembenaran dan masukan
apabila terdapat kesalahan atau kekurangan pada siswa
4.
Guru menyatakan bahwa siswa telah paham
tentang bilangan berpangkat dua dan tiga
D.
Mencoba
1.
Guru memberikan beberapa soal latihan
kepada siswa tentang bilangan berpangkat.
·
62=
….
·
33=
….
2.
Guru
meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan tersebut secara individu
3.
Guru
menunjuk beberapa siswa untuk menuliskan hasil pekerjaanya didepan kelas
secara bergantian
Hasilnya;
·
6 x 6 = 36
·
3 x 3 x 3 = 27
E.
Mengkomunikasikan
|
65
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1.
Guru memberikan penguatan materi dan
kesimpulan dari bilangan berpangkat
2.
Guru mengapresiasi hasil kerja siswa dan
memberikan motivasi
3.
Guru menyampaikan pesan moral hari ini
dengan bijak
4. Salam dan
do’a penutup.
|
15
menit
|
G.
SUMBER DAN
MEDIA
1. Buku Pedoman
Guru Kelas 5 dan Buku Siswa Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
2. BSE KTSP
3. Software
Pengajaran kelas 5 SD/MI dari JGC
H.
PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan praktek/unjuk kerja sesuai dengan rubrik
penilaian sebagai berikut;
Butir soal;
- 232 = ….
- 453 = ….
- 152 = ….
- 123 = ….
- 52 = ….
Catatan Guru
1. Masalah
:……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui,
Kepala Sekolah
OLEH, S.Pd
NIP. 19670314
199403 1 007
|
Lembang,…………………………….2019
Guru Kelas V
IMAS ROHIMAH, S.Pd
NUPTK. 1742
7666 6721 0072
|
Comments
Post a Comment