KISI KISI UJIAN SEKOLAH PPKn
KISI-KISI PENULISAN
SOAL
Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : PPkn
Kurikulum : Kurikulum 2013
Alokasi
Waktu : 120
Menit
Bentuk
Soal : Pilihan Ganda Nomor 1.s.d. 40
Tahun
Ajaran : 2019/2020
KISI-KISI
SOAL UJIAN SEKOLAH
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
KELAS / SEMESTER
|
MATERI
|
LEVEL KOGNITIF
|
INDIKATOR
|
NO. SOAL
|
1
|
3.1. Menganalisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar
Negara
|
VII/1
|
Tanggal penetapan Pancasila
sebagai dasar negara
Lembaga perumus Pancasila
|
Lefel 1,C2
Lefel 2,C3
|
Menjelaskan tanggal penetapan Pancasila sebagai dasar negara
Menggambarkan lembaga perumus Pancasila
|
1
2
|
2
|
3.2.
Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk
mewujudkankeadilan
|
VII/1
|
Norma –norma yang berlaku dalam masyakat
Macam –macam norma
|
Lefel 2,C3
Lefel 3,C4
|
Menyebutkan
norma yang berlaku dalam masyarakat
Menganalisis
macam – macam norma yang berlaku dalam masyarakat
|
6
7
|
3
|
3.3. Menganalisis kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
VII/1
|
Panitia perumus Pancasila
Nama perumus Pancasila
Tanggal Lahirnya Pancasila
|
Lefel 1,C2
Lefel 2,C3
Lefel 2,C3
|
Mengidentifikasi panitia perumus Pancasila
Menyebutkan nama panitia perumus Pancasila
Menyebutkan tanggal lahirnya Pancasila
|
3
4
5
|
4
|
3.4.
Mengidentifikasi
keberagaman suku, agama, ras dan antar golongan dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
|
VII/2
|
Upaya menjga persatuan dan
kesatuan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Arti bangsa yang Majemuk
|
Lefel 2,C3
Lefel 2,C3
|
Menggambarkan
upaya menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Mengidentifikasi
arti Indonesia sebagai bangsa yang majemuk
|
8
9
|
5
|
3.5. Menganalisis bentuk-bentuk kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di
masyaraka
|
VII/2
|
Kerjasama dalam kehidupan
masyarakat
Pengertian Kerjasama
|
Lefel 2,C3
Lefel 2,C3
|
Menyebutkan
Kerjasama dalam kehidupan masyarakat
Menjelaskan
pengertian Kerjasama
|
10
11
|
6
|
3.6.
Mengasosiasikan karakteristik daerah dalam kerangka Negara Kesatuan
Republik Indonesia
|
VII/2
|
Contoh upaya dalam rangka membela NKRI
Jumlah provinsi yang ada di Indonesia
|
Lefel 3,C4
Lefel 1,C2
|
Menganalisis
contoh upaya dalam rangka membela NKRI
Menyebutkan
jumlah provinsi yang ada di Indonesia
|
12
13
|
7
|
3.1.Menelaah Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
|
VIII/1
|
Pengertian Pancasila
sebagai dasar negara
Pandangan hidup bangsa
Indonesia
|
Lefel 2,C3
Lefel 2,C3
|
Menjelaskan
pengertian Pancasila sebagai dasar negara
Menggambarkan
Pandangan hidup bangsa Indonesia
|
14
15
|
8
|
3.2. Menelaah
makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945, serta peratuan perundangan-undangan lainnya dalam sistem hukum
nasional
|
VIII/1
|
Makna yang terkandung dlm
alinea pertama Pembukaan UUD 1945
Kedudukan dan Fungsi UUD
1945
|
Lefel 2,C3
Lefel 2,C3
|
Menggambarkan
makna yang terkandung dalam alinea pertama Pembukaan UUD 1945
Menyebutkan
tentang Kedudukan dan fungsi UUD 1945
|
16
17
|
9
|
3.3. Memahami tata urutan peraturan
perundang-undangan dalam sistem hukum nasional nasional di Indonesia
|
VIII/1
|
Tata Urutan Peraturan
Perundang –Undangan
Prinsip Peraturan Perundang
– Undangan Nasional
|
Lefel 2,C3
Lefel 2,C3
|
Menyebutkan
Tata Urutan Peraturan Perundangan – undangan menurut UU no 12 Tahun 2011
Menjelaskan
Prinsip peraturan Perundang – Undangan Nasional
|
18
19
|
10
|
3.4. Menganalisa makna dan arti
Kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonsia
|
VIII/2
|
Organisasi Budi Utomo
|
Lefel 2,C3
|
Membandingkan
organisasi Gerakan budi Utomo sebagai organisasi kebangkitan Nasional yang
pertama
|
20
|
11
|
3.5.Memproyeksikan nilai dan semangatSumpah
Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
VIII/2
|
Makna Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928
|
Lefel 2,C3
|
Menjelaskan
makna sumpah pemuda pada 28 oktober 1928
|
21
|
12
|
3.6. Menginterpretasikan semangat dan komitmen kebangsaan kolektif untuk
memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesiadalam kontek kehidupan sisw
|
VIII/2
|
Contoh peringatan Hari
Kartini
Nilai – nilai Toleransi dalam
keberagaman
|
Lefel 2,C3
Lefel 2,C3
|
Menyebutkan
contoh peringatan Hari Kartini dalam rangka memperkuat semangat dan komitmen
kebangsaan
Menggambarkan
contoh nilai – nilai toleransi dalam keberagaman
|
22
23
|
13
|
3.1.Membandingkan antara peristiwa dan dinamika
yang terjadi di masyarakat dengan
praktik ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
|
IX/1
|
Peristiwa Orde Baru dalam
dinamika Masyarakat Indonesia
Nilai – nilai Ideal yg
terkandung dalam Pancasila
Nilai Pancasila yg
diimplementasikan dalam bidang politik
|
Lefel 2,C4
Lefel 2,C3
Lefel 2,C3
|
Membandingkan
peristiwa Orde Baru dalam peristiwa dan dinamika masyarakat Indonesia
Menjelaskan
nilai –nilai yang ideal yang terkandung dalam Pancasila
Menyebutkan
nilai Pancasila yang diimplementasikan dalam bidang politik
|
24
25
26
|
14
|
3.2.Mensintesiskan
isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945
|
IX/1
|
Makna kemerdekaan dalam
pembukaan UUD 1945
Pokok – Pokok Pikiran dalam
Pembukaan UUD 1945
|
Lefel 2,C3
Lefel 1,C2
Lefel 1,C2
|
Menggambarkan
makna alinea pertama Pembukaan UUD 1945
Menganalisis
makna kemerdekaan dalam Pembukaan UUD 1945
Mengidentifikasi
Pokok – pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945
|
27
28
29
|
15
|
3.3. Memahami ketentuan tentang bentuk
dan kedaualatan negara sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
tahun 1945
|
1X/1
|
Pengertian Kedaulatan
Sifat – Sifat kedaulatan
Pengertian Kedaulatan
menurut para tokoh
|
Lefel 1,C2
Lefel 1,C2
Lefel 1,C3
|
Menyebutkan Pengertian Kedaulatan
Menggambarkan Sifat - sifat Kedaulatan
Membandingkan pengertian kedaulatan menurut
para tokoh
|
30
31
32
|
16
|
3.4.Menganalisis
prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan
(SARA), sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika
|
IX/2
|
Prinsip –Prinsip keberagaman dalam menjaga keutuhan
bangsa dan negara
Makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika
|
Lefel 2,C3
Lefel 2,C3
|
Menganalisis prinsip –prinsip keberagaman
dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara
Mengidentifikasi makna semboyan Bhinneka
Tunggal Ika
|
33
34
|
17
|
3.5. Menganalisis prinsip harmoni dalam keberagaman
suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sosial, budaya, ekonomi, dan
gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
IX/2
|
Arti penting dari
Keberagaman
Pentingnya pengelolaan
keberagaman bagi bangsa Indonesia
|
Lefel 1,C2
Lefel 2,C3
|
Menyebutkan arti penting dari keberagaman suku,ras, agama dan antar
golongan bagi bangsa Indonesia
Menganalisis pentingnya pengelolaan keberagaman bagi Bangsa Indonesia
|
35
36
|
18
|
3.6.
Mengkreasikan
konsep cinta tanah air/bela negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
IX/2
|
Sikap cinta
tanah air bagi warga negara
Usaha bela
negara
Bentuk –
bentuk bela negara
Semangat
rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
|
Lefel 2,C3
Lefel 2,C3
Lefel 2,C3
Lefel 3,C4
|
Menggambarkan sikap
cinta tanah air bagi warga negara
Mengidentifikasi usaha
bela negara terhadap negara
Menyebutkan bentuk –
bentuk bela negara dalam kondisi sekarang
Menganalisis semangat
rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
|
37
38
39
40
|
Comments
Post a Comment