KISI KISI UJIAN SEKOLAH MATEMATIKA
KISI-KISI PENULISAN
SOAL
Nama
Sekoah :
SMP
Mata
Pelajaran : Matematika
Kurikulum : Kurikulum 2013
Alokasi
Waktu : 120 Menit
Bentuk
Soal : Pilihan Ganda Nomor 1.s.d. 40
KISI-KISI
SOAL UJIAN SEKOLAH
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
KELAS / SEMESTER
|
MATERI
|
LEVEL KOGNITIF
|
INDIKATOR
|
NO. SOAL
|
1
|
3.1 Menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan bulat (positif dan
negatif) dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen
|
VII/1
|
Bilangan
|
L2
|
Peserta didik dapat menentukan urutan
bilangan bulat
|
39
|
2
|
3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
|
VII/1
|
Bilangan
|
L2
|
Peserta
didik dapat menyelesaikan masalah atau soal cerita yang berkaitan dengan
operasi hitung (penjumlahan, pengurangan. perkalian, atau pembagian) bilangan
pecahan.
|
1,2
|
3
|
3.3 Menjelaskan dan menentukan representasi bilangan dalam bentuk bilangan
berpangkat bulat positif dan negatif
|
VII/1
|
Bilangan
|
L2
|
Peserta didik dapat menentukan hasil operasi penjumlahan,
pengurangan, perkalian, atau pembagian bilangan bentuk akar.
|
4
|
4
|
3.4
Menjelaskan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong,
komplemen himpunan, dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan
masalah kontekstual
|
VII/1
|
Himpunan
|
L1
|
Peserta
didik dapat menentukan gabungan dua himpunan
|
11
|
|
|
|
|
L2
|
Peserta
didik dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan himpunan
|
12
|
5
|
3.5 Menjelaskan bentuk aljabar dan melakukan operasi pada bentuk aljabar
(penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian)
|
VII/1
|
Bentuk
Aljabar
|
L1
|
Peserta
didik dapat menyederhanakan bentuk aljabar
|
29
|
6
|
3.6 Menjelaskan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan
penyelesaiannya
|
VII/1
|
Persamaan dan
Pertidaksamaan Linear satu Variabel
|
L2
|
Peserta
didik dapat menentukan himpunan pennyelesaian dari PLSV
|
16
|
7
|
3.8
Membedakan perbandingan senilai dan berbalik
nilai dengan menggunakan tabel data, grafik, dan persamaan
|
VII/2
|
Perbandingan
|
L2
|
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perbandingan dua besaran sejenis.
|
7
|
8
|
3.9 Mengenal dan menganalisis berbagai situasi terkait aritmetika sosial
(penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal,
persentase, bruto, neto, tara)
|
VII/2
|
Aritmetika
Sosial
|
L1
|
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perbankan
|
8
|
9
|
3.11
Mengaitkan rumus keliling dan luas
untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat,
jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga
|
VII/2
|
Segiempat
dan Segitiga
|
L2
|
Peserta
didik dapat menentukan panjang diagonal persegi panjang
|
10
|
|
|
|
|
L2
|
Peserta
didik dapat menentukan daerah yang tidak diarsir dari persegi dan
persegipanjang yang berisrisan
|
19
|
|
|
|
|
L2
|
Peserta
didik data menyeesaiakn permasalahan segiempat
|
21
|
|
|
|
|
L3
|
Peserta
didik dapat menentukan uas daerah yang diarsir pada gabngan ingkaran dan
persegi
|
24
|
10
|
3.12 Menganalisis hubungan antara data dengan cara penyajiannya (tabel,
diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran)
|
VII/2
|
Penyajian
Data
|
L3
|
Peserta
didik dapat menyelesaiakn soal yang disajikan dalam bentuk diagram batang
|
30
|
|
|
|
|
L1
|
Peserta
didik dapat menyelesaiakn soal yang disajikan dalam bentuk diagram lingkaran
|
31
|
11
|
3.1 Membuat generalisasi dari pola pada barisan bilangan dan barisan
konfigurasi objek
|
VIII/1
|
Pola
Bilangan
|
L2
|
Peserta didik dapat menentukan hasil penjumlahan suku ke-n
|
5
|
12
|
3.3 Mendeskripsikan dan manyatakan relasi dan fungsi
dengan menggunakan berbagai representasi (kata-kata, tabel, grafik, diagram,
dan persamaan)
|
VIII/1
|
Relasi
dan Fungsi
|
L2
|
Peserta
didik dapat menentukan nilai fungsi
|
13
|
|
|
|
|
L1
|
Peserta didik dapat menentukan daerah hasil dari sebuah fungsi
|
17
|
13
|
3.4 Menganalisis
fungsi linear (sebagai
persamaan garis lurus) dan menginterpretasikan grafiknya yang
dihubungkan dengan masalah kontekstual
|
VIII/1
|
Persamaan garis lurus
|
L2
|
Peserta
didik dapat menentukan dua persamaan garis yang sejajar
|
14
|
14
|
3.5 Menjelaskan sistem
persamaan linear dua variabel dan penyelesaiannya yang dihubungkan dengan
masalah kontekstual
|
VIII/1
|
Sistem
Persamaan Linear Dua Variabel
|
L2
|
Peserta
didik dapat meneyeesaikan masalah SPLDV daam bentuk soall cerita
|
20
|
|
|
|
|
L3
|
Peserta
didik dapat meneyeesaikan masalah SPLDV daam bentuk soall cerita
|
22
|
15
|
3.7 Menjelaskan
sudut pusat, sudut keliling, panjang
busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya
|
VIII/2
|
Lingkaran
|
L2
|
Peserta
didik dapat menentukan panjang busur sebuah lingkaran
|
15
|
|
3.9
Membedakan dan menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar
(kubus, balok, prisma, dan limas)
|
VIII/2
|
Bangun
Ruang Sisi Datar
|
L3
|
Peserta
didik dapat menentukan voulme limas
|
23
|
|
|
|
|
L3
|
Peserta
didik dapat menentukan luas gabungan antara balok dan limas
|
25
|
16
|
3.10 Menganalisis
data berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran
data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi
|
VIII/2
|
Statistika
|
L3
|
Peserta
didik dapat menentukan nilai kelompok jika nilai rata rata diketahui
|
32
|
|
|
|
|
L2
|
Peserta
didik dapat menentukan Median dan Modus dari data tinggi badan anak
|
33
|
17
|
3.11
Menjelaskan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan
|
VIII/2
|
Peluang
|
L2
|
Peserta didik dapat
menentukan peluang dari dua mata dadu berjumah lebih dari sepuluh
|
34
|
|
|
|
|
L2
|
Peserta didik dapat
menentukan peluang terambilnya kelereng dari sebuah kantong
|
35
|
18
|
3.1
Menjelaskan dan melakukan operasi bilangan berpangkat bilangan rasional dan
bentuk akar, serta sifat-sifatnya
|
IX/1
|
Bilangan
Berpangkat
|
L2
|
Peserta didik dapat menentukan hasil perpangkatan pecahan atau
bulat suatu bilangan.
|
3
|
19
|
3.2
Menjelaskan persamaan kuadrat dan karakteristiknya berdasarkan akar-akarnya
serta cara penyelesaiannya
|
IX/1
|
Persmaaan
Kuadrat
|
L1
|
Peserta
didik dapat menentukan akar akar penyeesaian dari persamaan kuadrat
|
9
|
20
|
3.5
Menjelaskan transformasi geometri (refleksi,
translasi, rotasi, dan dilatasi) yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
|
IX/1
|
Transformasi
|
L1
|
Peserta
didik dapat menentukan refleksi terhadap sumbu x
|
18
|
21
|
3.6
Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun
datar
|
IX/2
|
Kesebangunan dan Kekongruenan
|
L2
|
Peserta didik dapat menentukan banyaknya pasangan segitiga
kongruen
|
26
|
|
|
|
|
L3
|
Peserta didik dapat menentukan panjang salah satu garis
pada segitiga sebangun
|
28
|
|
|
|
|
L2
|
Peserta didik dapat menentukan tinggi suatu gedung dengan
menggunakan konsep kesebangunan
|
36
|
|
|
|
|
L2
|
Peserta didik dapat menentukan luas ruang kepala sekolah jika
diketahui skala dan denah ruangan diketahui
|
37
|
|
|
|
|
L2
|
Peserta didik dapat menentukan skala
|
38
|
|
|
|
|
L2
|
Peserta didik dapat menentukan panjang salah satu garis pada
trapezium sebangun
|
40
|
22
|
3.7 Membuat
generalisasi luas permukaan dan volume berbagai bangun ruang sisi lengkung
(tabung, kerucut, dan bola)
|
IX/2
|
Bangun Ruang Sisi Lengkung
|
L2
|
Peserta
didik dapat menentukan luas permukaan tabung
|
27
|
|
|
|
Comments
Post a Comment