KISI KISI UJIAN SEKOLAH MATEMATIKA


KISI-KISI PENULISAN SOAL

Nama Sekoah                    : SMP
Mata Pelajaran                  : Matematika
Kurikulum                          : Kurikulum 2013
Alokasi Waktu                    : 120 Menit
Bentuk Soal                       : Pilihan Ganda Nomor 1.s.d. 40

KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

NO
KOMPETENSI DASAR
KELAS / SEMESTER
MATERI
LEVEL KOGNITIF
INDIKATOR
NO. SOAL
1
3.1 Menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan bulat (positif dan negatif) dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen
VII/1
Bilangan
L2
Peserta didik dapat menentukan urutan bilangan bulat
39
2
3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
VII/1
Bilangan
L2
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah atau soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung (penjumlahan, pengurangan. perkalian, atau pembagian) bilangan pecahan.
1,2
3
3.3 Menjelaskan dan menentukan representasi bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif dan negatif
VII/1
Bilangan
L2
Peserta didik dapat menentukan hasil operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian bilangan bentuk akar.
4
4
3.4 Menjelaskan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan, dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual
VII/1
Himpunan
L1
Peserta didik dapat menentukan gabungan dua himpunan
11




L2
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan himpunan
12
5
3.5 Menjelaskan bentuk aljabar dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian)
VII/1
Bentuk Aljabar
L1
Peserta didik dapat menyederhanakan bentuk aljabar
29
6
3.6 Menjelaskan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan penyelesaiannya
VII/1
Persamaan dan Pertidaksamaan Linear satu Variabel
L2
Peserta didik dapat menentukan himpunan pennyelesaian dari  PLSV
16
7
3.8 Membedakan perbandingan senilai dan berbalik  nilai dengan menggunakan tabel data, grafik, dan persamaan
VII/2
Perbandingan
L2
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan dua besaran sejenis.
7
8
3.9 Mengenal dan menganalisis berbagai situasi terkait aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase,  bruto, neto, tara)
VII/2
Aritmetika Sosial
L1
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan
8
9
3.11 Mengaitkan rumus keliling  dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga  

VII/2
Segiempat dan Segitiga
L2
Peserta didik dapat menentukan panjang diagonal persegi panjang
10




L2
Peserta didik dapat menentukan daerah yang tidak diarsir dari persegi dan persegipanjang yang berisrisan
19




L2
Peserta didik data menyeesaiakn permasalahan segiempat
21




L3
Peserta didik dapat menentukan uas daerah yang diarsir pada gabngan ingkaran dan persegi
24
10
3.12 Menganalisis hubungan antara data dengan cara penyajiannya (tabel, diagram garis,  diagram batang,  dan diagram lingkaran)
VII/2
Penyajian Data
L3
Peserta didik dapat menyelesaiakn soal yang disajikan dalam bentuk diagram batang
30




L1
Peserta didik dapat menyelesaiakn soal yang disajikan dalam bentuk diagram lingkaran
31
11
3.1 Membuat generalisasi dari pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek
VIII/1
Pola Bilangan
L2
Peserta didik dapat menentukan hasil penjumlahan  suku ke-n
5
12
3.3 Mendeskripsikan dan manyatakan relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi (kata-kata, tabel, grafik, diagram, dan persamaan)
VIII/1
Relasi dan Fungsi
L2
Peserta didik dapat menentukan nilai fungsi
13




L1
Peserta didik dapat menentukan daerah hasil dari sebuah fungsi
17
13
3.4 Menganalisis  fungsi linear  (sebagai persamaan garis lurus) dan menginterpretasikan grafiknya yang dihubungkan  dengan masalah kontekstual
VIII/1
Persamaan garis lurus
L2
Peserta didik dapat menentukan dua persamaan garis yang sejajar
14
14
3.5 Menjelaskan sistem persamaan linear dua variabel dan penyelesaiannya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual

VIII/1
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
L2
Peserta didik dapat meneyeesaikan masalah SPLDV daam bentuk soall cerita
20




L3
Peserta didik dapat meneyeesaikan masalah SPLDV daam bentuk soall cerita
22
15
3.7 Menjelaskan sudut  pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya
VIII/2
Lingkaran
L2
Peserta didik dapat menentukan panjang busur sebuah lingkaran
15

3.9 Membedakan dan menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
VIII/2
Bangun Ruang Sisi Datar
L3
Peserta didik dapat menentukan voulme limas
23




L3
Peserta didik dapat menentukan luas gabungan antara balok dan limas
25
16
3.10 Menganalisis data berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi
VIII/2
Statistika
L3
Peserta didik dapat menentukan nilai kelompok jika nilai rata rata diketahui
32




L2
Peserta didik dapat menentukan Median dan Modus dari data tinggi badan anak
33
17
3.11 Menjelaskan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan
VIII/2
Peluang
L2
Peserta didik dapat menentukan peluang dari dua mata dadu berjumah lebih dari sepuluh
34




L2
Peserta didik dapat menentukan peluang terambilnya kelereng dari sebuah kantong
35
18
3.1 Menjelaskan dan melakukan operasi bilangan berpangkat bilangan rasional dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya
IX/1
Bilangan Berpangkat
L2
Peserta didik dapat menentukan hasil perpangkatan pecahan atau bulat suatu bilangan.
3
19

3.2 Menjelaskan persamaan kuadrat dan karakteristiknya berdasarkan akar-akarnya serta cara penyelesaiannya
IX/1
Persmaaan Kuadrat
L1
Peserta didik dapat menentukan akar akar penyeesaian dari persamaan kuadrat
9
20
3.5 Menjelaskan transformasi geometri (refleksi,  translasi, rotasi, dan dilatasi) yang dihubungkan dengan  masalah kontekstual
IX/1
Transformasi
L1
Peserta didik dapat menentukan refleksi terhadap sumbu x
18
21
3.6 Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar 
IX/2
Kesebangunan  dan Kekongruenan
L2
Peserta didik dapat menentukan banyaknya pasangan segitiga kongruen
26




L3
Peserta didik dapat menentukan panjang salah satu garis pada segitiga sebangun
28




L2
Peserta didik dapat menentukan tinggi suatu gedung dengan menggunakan konsep kesebangunan
36




L2
Peserta didik dapat menentukan luas ruang kepala sekolah jika diketahui skala dan denah ruangan diketahui
37




L2
Peserta didik dapat menentukan skala
38




L2
Peserta didik dapat menentukan panjang salah satu garis pada trapezium sebangun
40
22
3.7 Membuat generalisasi luas permukaan dan volume berbagai bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola)
IX/2
Bangun Ruang Sisi Lengkung
L2
Peserta didik dapat menentukan luas permukaan tabung
27





Comments

Popular posts from this blog

SOAL DAN JAWABAN TES SKOLASTIK PENALARAN PPPK GURU 2021 PAKET 1

CONTOH PROGRAM KERJA UJIAN SEKOLAH

ASESMEN DIAGNOSTIK