KISI KISI UJIAN SEKOLAH IPA
KISI-KISI PENULISAN
SOAL
Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : IPA
Kurikulum : Kurikulum 2013
Alokasi
Waktu : 120 Menit
Bentuk
Soal : Pilihan
Ganda Nomor 1.s.d. 40
Tahun
Pelajaran : 2019/2020
KISI-KISI
SOAL UJIAN SEKOLAH
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
KELAS / SEMEST ER
|
MATERI
|
LEVEL KOGNITIF
|
INDIKATOR
|
NO. SOAL
|
1
|
3.1 Menerapkan konsep
pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan
satuan standar (baku)
|
VII/1
|
Pengukuran,
Zat dan Sifatnya
|
Pengetahuan
dan Pemahaman (C2)
|
Disajikan data hasil pengukuran suhu dengan termometer skala tertentu dapat menunjukkan konversi
suhu dari satuan tertentu ke satuan lain
|
1
|
2
|
3.3 Menjelaskan konsep
campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia,
perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari
|
VII /1
|
Sifat zat dan perubahan zat
|
Aplikasi
(C3)
|
Disajikan gambar perubahan wujud zat
dapat menginterpretasi perubahan wujud zat
|
2
|
3
|
3.4 Menganalisis konsep suhu,
pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan
hewan
|
VII /1
|
Pemuaian
|
Aplikasi (C3)
|
Mengklasifikasi bentuk bimetal setelah mengalami proses pemanasan atau pendinginan berdasarkan
Gambar
yang disajikan
|
3
|
4
|
3.3 Menjelaskan konsep
campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia,
perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari
|
VII / 1
|
Sifat
larutan
|
Penalaran
(C5)
|
Disajikan
data tentang berbagai jenis larutan dan hasil uji kertas lakmus,
Menyimpulkan
jenis larutan berdasarkan sifat-sifatnya
|
4
|
5
|
Menjelaskan konsep campuran
dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika
dan kimia dalam kehidupan sehari-hari
|
VII / 1
|
Unsur,
Senyawa dan Campuran
|
Penalaran
(C4)
|
Disajikan
gambar/masalah yang berkaitan dengan unsur, senyawa dan campuran
Menganalisis
sifat unsur, senyawa dan campuran
|
5
|
6
|
3.4 Menganalisis konsep suhu,
pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan
hewan
|
VII /1
|
Suhu dan Kalor
|
Penalaran( C4)
|
Disajikan grafik suhu terhadap
waktu dapat memecahkan masalah
banyaknya kalor yang digunakan pada proses tertentu
|
6
|
7
|
3.11 Menganalisis sistem tata
surya, rotasi dan revolusi bumi, rotasi dan revolusi bulan, serta dampaknya
bagi kehidupan di bumi
|
VII/2
|
Tata Surya
|
Pengetahuan
dan Pemahaman (C2)
|
Menetukan bentuk bulan berdasarkan posisinya
terhadap matahari dan bumi (hubungan antara fase bulan dengan posisinya
terhadap bumi dan matahari)
|
7
|
8
|
3.2 Menganalisis gerak lurus,
pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, dan penerapannya pada
gerak benda dan gerak makhluk hidup
|
VIII /1
|
Jenis Gaya Penjumlahan gaya
|
Pengetahuan
dan Pemahaman (C2)
|
Menunjukkan gaya-gaya yang bekerja pada
sebuah benda yang menyebabkan benda tidak dapat bergerak
|
8
|
9
|
|
VIII /1
|
Gerak Lurus
|
Aplikasi (C3)
|
Menghitung besar percepatan pada sebuah
benda
|
9
|
10
|
|
VIII /1
|
Hukum Newton
|
Aplikasi (C3)
|
Menerapkan hukum Newton II pada sebuah
benda
|
10
|
11
|
3.3 Menjelaskan konsep usaha,
pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk
kerja otot pada struktur rangka manusia
|
VIII /1
|
Usaha
|
Aplikasi (C3)
|
Menghitung salah satu besaran pada
usaha (gaya/jarak perpindahan/usaha)
|
11
|
12
|
|
VIII /1
|
Pesawat Sederhana
|
Penalaran (C5)
|
Menemukan cara menyeimbangkan tuas yang
belum seimbang dengan mengubah satu atau dua besaran pada tuas
|
12
|
13
|
3.5 Menganalisis konsep
energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan
sehari-hari termasuk fotosintesis
|
VII /1
|
Energi dan perubahan energy
|
Penalaran (C4)
|
Menganalisis nilai energi kinetik/potensial pada
ketinggian tertentu saat benda jatuh/ dilempar vertikal
|
13
|
14
|
Menjelaskan berbagai zat
aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap
kesehatan
|
VIII /1
|
Zat aditif
dan adiktif
|
Aplikasi (C3)
|
Mengklasifikasi dampak zat adiktif dan
psikotropika
|
14
|
15
|
3.8 Menjelaskan tekanan zat
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah,
osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
|
VIII /2
|
Tekanan pada zat
|
Penalaran (C5)
|
Memecahkan masalah berat benda terapung
jika bagian benda yang tercelup/diatas permukaan zat cair diketahui
|
15
|
16
|
3.11 Menganalisis konsep
getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari termasuk sistem
pendengaran manusia dan sistem sonar pada hewan
|
VIII /2
|
Getaran
|
Pengetahua
n dan Pemahaman (C2)
|
Mendeskripsikan frekuensi/perioda getaran pada ayunan tali atau pegas
|
16
|
17
|
|
VIII / 2
|
Gelombang
|
Penalaran (C5)
|
Menemukan besarnya periode, amplitudo
dan panjang gelombang dari gambar yang disajikan
|
17
|
18
|
|
VIII /2
|
Bunyi
|
Aplikasi (C3)
|
Disajikan gambar kedalaman laut yang
berbeda dapat menghitung selisih kedalam lautnya
|
18
|
19
|
3.12 Menganalisis sifat-sifat
cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung serta
penerapannya untuk menjelaskan proses penglihatan manusia, mata serangga, dan
prinsip kerja alat optik
|
VIII /2
|
Cahaya dan Alat Optik
|
Penalaran (C4)
|
Menentukan kekuatan lensa pada cacat
mata tertentu
|
19
|
20
|
3.4 Menjelaskan konsep listrik
statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kelistrikan pada
sistem saraf dan hewan yang mengandung listrik
|
IX / 1
|
Listrik statik
|
Aplikasi (C3)
|
Menghitung besarnya gaya elektrostatika jika muatan dan
atau jarak benda diubah.
|
20
|
21
|
3.5 Menerapkan konsep
rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energi listrik dalam kehidupan
sehari-hari termasuk sumber energi listrik alternatif, serta berbagai upaya
menghemat energi listrik
|
IX /1
|
Listrik Dinamis
|
Penalaran (C4)
|
Menganalisis hambatan pengganti dari
rangkaian beberapa penghambat dari gambar yang disajikan
|
21
|
22
|
|
IX / 1
|
Energi dan Daya Listrik
|
Pengetahuan
dan Pemahaman (C2)
|
Menentukan
jumlah energi listrik atau daya
berdasarkan pengaruh tegangan
|
22
|
23
|
3.6 Menerapkan konsep
kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet dalam
kehidupan sehari-hari termasuk pergerakan/navigasi hewan untuk mencari
makanan dan migrasi
|
IX / 2
|
Kemagnetan dan Induksi Elektromagnetik
|
Aplikasi (C3)
|
Disajikan gambar trafo yang dihubungkan
pada lampu dengan R tertentu dapat menghitung salah satu besaran pada trafo
|
23
|
24
|
3.8 Menghubungkan konsep
partikel materi (atom, ion,molekul), struktur zat sederhana dengan sifat
bahan yang digunakan dalam kehidupan sehari- hari, serta dampak penggunaannya
terhadap kesehatan manusia
|
IX /2
|
Atom,ion,
dan molekul
|
Pengetahuan
dan Pemahaman (C2)
|
Disajikan
gambar struktur atom
Mengidentifikasi
partikel-partikel penyusun atom
|
24
|
25
|
Mengidentifikasi sistem
organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme dan komposisi
utama penyusun sel
|
VII /2
|
Gejala alam
biotik dan abiotik
|
Pengetahuan
dan Pemahaman (C2)
|
Mengidentifikasi
benda/gejala biotik dan abiotik pada lingkungan tertentu
|
25
|
26
|
|
VII /2
|
Fenomena
interaksi antara mahluk hidup dengan lingkungan tertentu
|
Aplikasi
(C3)
|
Menerapkan
salah satu konsep interaksi antar mahluk hidup dalam ekosistem (rantai
makanan, jaring-jaring makanan dengan lingkungan abiotik)
|
26
|
27
|
|
VII /1
|
Prosedur
dan Pengkasifikasian mahluk hidup
|
Aplikasi
(C3)
|
Mengklasifikasi
mahluk hidup berdasarkan ciri-cirinya
|
27
|
28
|
3.8 Menganalisis terjadinya
pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem
|
VII /2
|
Pencemaran
Lingkungan
|
Aplikasi
(C3)
|
Menginterpretasi
jika terjadi suatu pencemaran dengan
dampak yang akan terjadi pada lingkungan
|
28
|
29
|
|
VII /2
|
Dampak
pencemaran dan kerusakan lingkungan
|
Penalaran
(C4)
|
Menganalisis
pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
|
29
|
30
|
|
VII /2
|
Dampak
interaksi mahluk hidup dengan lingkungannya
|
Penalaran
(C4)
|
Disajikan
data salah satu interaksi mahluk hidup dengan lingkungannya
Menganalisis
dampak positif dan negatif dari interaksi yang terjadi pada lingkungan
|
30
|
31
|
3.6 Mengidentifikasi sistem
organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme dan komposisi
utama penyusun sel
|
VII /2
|
Organisasi
kehidupan
|
Pengetahuan
dan Pemahaman (C2)
|
Disajikan
gambar sel hewan/tumbuhan
Menjelaskan
fungsi bagian sel yang ditunjuk
|
31
|
32
|
3.1 Menganalisis gerak pada
makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem
gerak
|
VIII / 1
|
Mekanisme
sistem gerak manusia
|
Aplikasi
(C3)
|
Disajikan
gambar salah satu gerak manusia
Mengurutkan
jenis-jenis sendi yang terlibat pada gerak tersebut
|
32
|
33
|
3.4 Menganalisis keterkaitan
struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi
oleh struktur tumbuhan
|
VIII /1
|
Struktur
dan fungsi tumbuhan
|
Penalaran
(C4)
|
Disajikan
gambar penampang melintang batang dikotil menunjukan bagian penampang batang
dikotil yang mempunyai fungsi tertentu
|
33
|
34
|
|
VIII / 1
|
Percobaan
Fotosintesis
|
Penalaran
(C5)
|
Disajikan
gambar tentang percobaan Sach (uji amilum)
Menyimpulkan
hasil percobaan berdasarkan warna yang terdapat pada daun
|
34
|
35
|
3.5 Menganalisis sistem
pencernaan pada manusia dan memahami gangguan yang berhubungan dengan sistem
pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan
|
VIII /1
|
Mekanisme
pencernaan manusia dan uji makanan
|
Aplikasi
(C3)
|
Menerapkan
konsep pencernaan mekanik dan kimiawi pada salah satu organ pencernaan (bisa
menggunakan gambar)
|
35
|
36
|
3.7 Menganalisis sistem
peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem peredaran
darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah
|
VIII /1
|
Sistem
peredaran darah
|
Aplikasi
(C3)
|
Membandingkan
peredaran darah kecil dan peredaran darah besar
|
36
|
37
|
3.10 Menganalisis sistem
ekskresi pada manusia dan memahami gangguan pada sistem ekskresi serta upaya
menjaga kesehatan sistem ekskresi
|
|
Keterkaitan
antara sistem organ pada manusia
|
Penalaran
(C4)
|
Disajikan
masalah tentang penyakit diabetes melitus
Menganalis
penyebab penyakit tersebut dilihat dari makanan, organ pencernaan dan organ
eksresi yang terlibat
|
37
|
38
|
3.1 Menghubungkan sistem
reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi dengan penerapan
pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi
|
|
Sistem
reproduksi
|
Pengetahuan
dan Pemahaman (C2)
|
Disajikan
gambar alat reproduksi wanita
Menunjukan
nomor alat reproduksi yang mempunyai fungsi tertentu
|
38
|
39
|
3.3 Menerapkan konsep
pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup
|
IX /1
|
Pewarisan
Sifat
|
Penalaran
(C4)
|
Disajikan
persilangan dihibrid pada tumbuhan
Memecahkan
masalah cara memperoleh bibit unggul berdasarkan hasil persilangan
|
39
|
40
|
3.7 Menerapkan konsep
bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia
|
IX /2
|
Bioteknologi
|
Pengetahuan
dan Pemahaman (C2)
|
Disajikan
tentang masalah bioteknologi pada produk yughort rasa asam hasil
fermentasi oleh lactobacillus yang
berperan dalam
|
40
|
Comments
Post a Comment