KISI KISI UJIAN SEKOLAH BAHASA INGGRIS
KISI-KISI
MATA
PELAJARAN BAHASA INGGRIS
JUMLAH SOAL 40
PG
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
ALOKASI WAKTU
: 90 MENIT
NO URUT
|
KOMPETENSI DASAR
|
KELAS
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR
|
LEVEL KOGNITIF
|
BENTUK SOAL
|
NO SOAL
|
|||
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
SOAL
|
L1
|
L2
|
L3
|
||||||
1.
|
3.7 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan
meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda sangat
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
7
|
Teks Fungsional Deskripsi
|
Menjelaskan teks fungsional deskripsi
Melengkapi teks deskripsi rumpang
dengan tepat
Peserta didik dapat menentukan
informasi yang rinci dari teks deskripsi
Peserta
didik dapat menunjukkan kata adjective dalam teks deskripsi rumpang
|
·
peserta didik dapat mengidentifikasi rujukan kata dari
teks deskripsi dengan tepat.
·
peserta didik dapat menentukan informasi yang rinci
dari teks deskripsi.
Peserta didik dapat melengkapi teks deskripsi rumpang
(Diberikan teks deskripsi rumpang dalam
soal)
Peserta didik dapat melengkapi
teks deskripsi rumpang
(Diberikan teks deskripsi rumpang dalam
soal)
Peserta didik dapat melengkapi teks deskripsi rumpang
(Diberikan
teks deskripsi rumpang dalam soal)
|
|
L2
C3
L2
C3
L2
C3
L2
C3
L2
C3
|
|
PG
PG
PG
PG
PG
|
1
2
3
4
5
|
2.
|
3.1
Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati
diri, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya. Perhatikan
unsur kebahasaan dan kosa kata terkait hubungan keluarga; pronoun
(subjective, objective, possessive)
|
7
|
· Topik
Deskripsi diri sendiri sebagai bagian
dari keluarga:
|
Mengidentifikasi
ungkapan untuk menyatakan Anggota keluarga
|
Peserta
didik dapat Mengidentifikasi
ungkapan untuk menyatakan nama
kecil penulis
Peserta
didik dapat menghitung umur anak yang ada dalam deskripsi berdasarkan bacaan yang disediakan
Peserta
didik dapat menemukan pernyataan yang tidak sesuai dari identitas penulis
|
L1
C1
L1
C2
L1
C3
|
|
|
PG
PG
PG
|
6
7
8
|
3.
|
3.2
Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait maksud, tujuan,
persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan to, in order to, so that
(dis)agreement
|
9
|
Tindakan dan kegiatan peserta didik di
sekolah atau rumah
|
Menyusun kalimat dari kata yang disebar secara acak
|
Peserta didik dapat menyusun kalimat dari kata yang
disebar secara acak
(disediakan kata-kata yang dimaksud)
|
|
|
L3
C6
|
PG
|
9
|
4.
|
3.12
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan pengumuman/
pemberitahuan (notice), dengan
memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
8
|
Pemberita-huan
(Notice)
|
Mengkategorikan contoh notice
yang dirandom dengan kalimat pengecoh
(destructor)
|
Disajikan dalam sebuah table,peserta
didik dapat mengkategorikan contoh
notice walau dirandom dengan kalimat pengecoh (destructor)
|
|
|
L3
C6
|
PG
|
10
|
5.
|
3.5.
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk greeting card, dengan
memberi dan meminta informasi terkait dengan hari-hari spesial, sesuai dengan
konteks penggunaannya
|
8
|
Teks
fungsional pendek Greeting card
|
Mengklasifikasikan teks greeting card
Mengidentifikasi informasi rinci dari teks Greeting card
|
Disajikan
teks fungsional pendek berbentuk Greeting card, peserta
ddik dapat mengklasifikasikan
jenis teks greeting card dengan tujuan yang jelas
Disajikan teks fungsional
pendek berbentuk Greeting card, peserta ddik dapat mengidentifikasi
informasi dari teks secara rinci.
|
|
L2
C3
|
L3
C4
|
PG
PG
|
11
12
|
6.
|
3.11
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks personal recount lisan dan
tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pengalaman pribadi di
waktu lampau, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
8
|
Teks fungsional berbentuk
recount
|
Menemukan informasi rinci dari teks.
Menentukan makna kata/frasa yang terdapat
pada teks
Menentukan rujukan dari kata ganti yang
terdapat pada teks.
Menysun
kalimat menjadi sebuah paragrap yang bagus
|
· Disajikan
teks recount, peserta didik dapat menemukan informasi rinci dari teks.
Disajikan
teks recount, peserta didik dapat menentukan makna kata/frasa yang
terdapat pada teks
Disajikan
teks recount, peserta didik menentukan rujukan dari kata ganti
yang terdapat pada teks.
Disajikan
kalimat acak yang disebar, peserta didik dapat menyusun menjadi sebuah
paragraph dalam sebuah teks recount.
|
|
L2
C3
L2
C3
L2
C3
|
L3
C5
|
PG
PG
PG
PG
|
13
14
15
16
|
7.
|
3.12
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan pengumuman/
pemberitahuan (notice), dengan
memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
8
|
Pemberita-huan
(Notice)
|
Menjelaskan
definisi tentang notice dalam bahasa
Inggris
|
Peserta didik dapat menjelaskan definisi tentang notice dengan
sempurna
(Diberikan definisi
Notice dalam soal)
|
L1
C1
|
|
|
PG
|
17
|
8.
|
3.13
Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lirik
lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs
|
8
|
Lirik lagu berjudul
Bandung City/ Flower City
|
Menyebutkan nama lain
dari kota Bandung berdasar lirik lagu Bandung City
menghubungkan keberadaan kota Bandung dengan peta bumi ada di
propinsi mana dan juga ada di pulau mana
Menerangkan arti kata
overcrowded dalam bahasa Indonesia berdasar lirik lagu Bandung City
|
Disajikan sebuah teks lengkap dengan
Gedung Sate,peserta didik dapat menyebutkan nama lain dari kota
Bandung
Berdasar lirik lagu
Bandung City
Disajikan sebuah teks lengkap dengan
Gedung Sate, peserta didik dapat menghubungkan keberadaan kota
Bandung dengan peta bumi ada di propinsi mana dan juga ada di pulau mana
Peserta didik dapat Menerangkan
arti kata overcrowded dalam bahasa Indonesia berdasar lirik lagu Bandung City
|
L1
C1
L3
C6
L1
C2
|
|
|
PG
PG
PG
|
18
19
20
|
9.
|
3.9 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan beberapa teks information report lisan dan tulis dengan memberi
informasi terkait mata pelajaran lain di
kelas IX, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
9
|
Teks monolog berbentuk Report
|
· Menemukan
gambaran umum terkait teks report
· Menentukan
kesimpulan yang terdapat dalam teks report
· Mengemukakan
informasi secara rinci dari teks report
· Menentukan
rujukan dari kata yang digaris bawahi
|
· Peserta
didik dapat menemukan gambaran
umum terkait teks report
· Peserta
didik dapat menentukan kesimpulan yang terdapat dalam teks report
· Peserta
didik dapat mengemukakan informasi secara rinci dari teks report
· Peserta
didik dapat menentukan rujukan dari kata yang digaris bawahi
|
L1
C2
|
L2
C3
L2
C3
|
L3
C4
|
PG
PG
PG
PG
|
21
22
23
24
|
10.
|
3.6
Membandingkan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan
tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait fairytales, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
9
|
Teks
monolog berbentuk Narrative
Kalimat
acak berbentuk Narrative
|
Pemahaman
teks Narrative terkait fairy Tale.
|
Di
sajikan teks Narrative,peserta didik dapat menentukan ide pokok
pada sebuah paragraph yang terdapat dalam teks.
Di
sajikan teks Narrative,peserta didik dapat menemukan kalimat yang sesuai dengan teks.
Di
sajikan teks narrative,peserta didik dapat menganalisis pesan
moral yang terdapat dalam teks dengan benar.
|
|
L2
C3
L2
C3
L2
CE
|
|
PG
PG
PG
|
25
26
27
|
11.
|
3.10 Menerapkan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/
tindakan/ kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi, rutin maupun tidak
rutin, atau menjadi kebenaran umum di waktu lampau, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan simple past tense)
|
8
|
· Topik
Kegiatan, tindakan yang (rutin)
terjadi di masa lalu di sekolah, rumah, dan sekitarnya
|
Melengkapi kata yang tepat dalam sebuah teks
Melengkapi kata yang tepat dalam sebuah teks
|
Peserta didik dapat melengkapi kata yang tepat dalam
sebuah teks
Peserta didik dapat melengkapi kata yang tepat dalam
sebuah teks
|
|
L2
C3
L2
C3
|
|
PG
PG
|
28
29
|
12.
|
3.1
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan harapan,
doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta
menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
9
|
• Teks
monolog ungkapan wish dan selamat.
• Teks
pecakapan ungkapan selamat
|
mengidentifikasi
informasi secara rinci dari teks monolog ungkapan wish dan selamat..
melengkapi
kalimat pecakapan ungkapan selamat dengan tepat
|
• Disajikan
teks ucapan selamat, peserta didik dapat mengidentifikasi informasi secara
rinci dari teks.
• Disajikan
teks ucapan selamat, peserta didik dapat menemukan rujukan dari kata yang
digarisbawahi.
• Disajikan
percakapan ungkapan selamat, peserta didik dapat melengkapi kalimat
dengan tepat
|
L1
C1
|
L2
C3
L2
C3
|
|
PG
PG
PG
|
30
31
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
3.4 Membandingkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan
memberi dan meminta informasi terkait resep makanan/ minuman dan manual,
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
9
|
• Teks
monolog berbentuk Prosedur resep makanan
• Kalimat
acak berbentuk prosedur
|
menidentifikasi
gambaran umum terkait isi Teks monolog berbentuk Prosedur resep makanan
t
menemukan informasi rinci dari teks berbentuk prosedur
|
• Disajikan
teks prosedur resep makanan,peserta didik dapat menidentifikasi
gambaran umum terkait isi teks.
• Disajikan
teks prosedur, peserta didik dapat menemukan informasi rinci dari
teks.
• Disajikan
teks prosedur, peserta didik dapat menemukan padanan kata/frasa yang
sama dari kata yang digarisbawahi.
|
|
L2
C3
L2
C3
|
L3
C4
|
PG
PG
PG
|
33
34
35
|
14.
|
3.3
Membandingkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam
bentuk label, dengan meminta dan memberi informasi terkait obat/makanan/
minuman, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
9
|
• Teks
fungsional berbentuk Label obat
|
menunjukkan
jenis label.
mengemukakan
informasi rinci terkait isi Teks fungsional berbentuk Label obat
|
• Disajikan
teks Label, peserta didik dapat menganalisis keterangan
berdasarkan label.
• Disajikan
teks Label, peserta didik dapat menyimpulkan informasi rinci
terkait isi label.
• Disajikan
teks Label, perserta didik dapat menentukan arti kata yang digarisbawahi dalam bahasa
Indonesia.
|
L2
C3
|
L3
C5
|
L3
C4
|
PG
PG
PG
|
36
37
38
|
15.
|
.10 Membandingkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam
bentuk iklan dengan memberi dan
meminta informasi terkait produk dan jasa, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
9
|
Teks fungsional
berbentuk iklan
|
Menemukan informasi rinci terkait
teks
Mengemukakan gambaran umum dari teks.
|
Disajikan
teks iklan, Peserta didik dapat menemukan informasi rinci terkait teks
Disajikan
teks iklan, peserta didik dapat mengemukakan
gambaran umum dari teks.
|
|
L2
C2
|
L3
C4
|
PG
PG
|
39
40
|
|
|
|
Comments
Post a Comment