KISI KISI UJIAN SEKOLAH BAHASA INGGRIS


KISI-KISI  
MATA  PELAJARAN   BAHASA INGGRIS
JUMLAH SOAL   40 PG
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
ALOKASI WAKTU   : 90 MENIT


NO URUT
KOMPETENSI DASAR
KELAS
MATERI POKOK
INDIKATOR
LEVEL KOGNITIF
BENTUK SOAL
NO SOAL
PENCAPAIAN KOMPETENSI
SOAL
L1
L2
L3
1.
3.7 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
7
Teks Fungsional Deskripsi

Menjelaskan teks fungsional deskripsi





Melengkapi teks deskripsi rumpang dengan tepat



Peserta didik dapat menentukan informasi yang rinci dari teks deskripsi

Peserta didik dapat menunjukkan kata adjective dalam teks deskripsi rumpang

·       peserta didik dapat mengidentifikasi rujukan kata dari teks deskripsi dengan tepat.

·       peserta didik dapat menentukan informasi yang rinci dari teks deskripsi.

Peserta didik dapat melengkapi teks deskripsi rumpang
(Diberikan teks deskripsi rumpang dalam soal)

Peserta didik dapat melengkapi teks deskripsi rumpang
(Diberikan teks deskripsi rumpang dalam soal)

Peserta didik dapat melengkapi teks deskripsi rumpang
(Diberikan teks deskripsi rumpang dalam soal)

L2
C3


L2
C3


L2
C3





L2
C3




L2
C3






PG



PG



PG






PG





PG





1



2



3






4





5
2.
3.1      Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya. Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait hubungan keluarga; pronoun (subjective, objective, possessive)

7
·    Topik
Deskripsi diri sendiri sebagai bagian dari keluarga:
Mengidentifikasi ungkapan untuk menyatakan Anggota keluarga

Peserta didik dapat Mengidentifikasi ungkapan untuk menyatakan  nama kecil penulis

Peserta didik dapat menghitung umur anak yang ada dalam deskripsi  berdasarkan bacaan yang disediakan


Peserta didik dapat menemukan pernyataan yang tidak sesuai dari identitas penulis


L1
C1



L1
C2





L1
C3



PG




PG






PG
6




7






8
3.
3.2
Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan to, in order to, so that (dis)agreement
9
Tindakan dan kegiatan peserta didik di sekolah atau  rumah
Menyusun kalimat dari kata yang disebar secara acak
Peserta didik dapat menyusun kalimat dari kata yang disebar secara acak
(disediakan kata-kata yang dimaksud)


L3
C6
PG
9
4.
3.12 
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan pengumuman/ pemberitahuan (notice), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya
8
Pemberita-huan
(Notice)

Mengkategorikan  contoh notice yang dirandom dengan kalimat pengecoh
(destructor)
Disajikan dalam sebuah table,peserta didik  dapat mengkategorikan contoh notice walau dirandom dengan kalimat pengecoh (destructor)



L3
C6
PG
10
5.
3.5.
 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk greeting card, dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan hari-hari spesial, sesuai dengan konteks penggunaannya
8
Teks fungsional pendek Greeting card
Mengklasifikasikan teks greeting card





Mengidentifikasi informasi rinci dari teks Greeting card

Disajikan teks fungsional pendek berbentuk Greeting card, peserta ddik dapat mengklasifikasikan jenis teks greeting card dengan tujuan yang jelas

Disajikan teks fungsional pendek berbentuk Greeting card, peserta ddik dapat mengidentifikasi informasi dari teks secara rinci.

L2
C3










L3
C4
PG





PG
11





12
6.
3.11 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan  beberapa teks personal recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pengalaman pribadi di waktu lampau, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

8
Teks fungsional berbentuk recount

Menemukan informasi rinci dari teks.


Menentukan makna kata/frasa yang terdapat pada teks

Menentukan rujukan dari kata ganti yang terdapat pada teks.

Menysun kalimat menjadi sebuah paragrap yang bagus
·    Disajikan teks recount, peserta didik dapat menemukan informasi rinci dari teks.

Disajikan teks recount, peserta didik dapat menentukan makna kata/frasa yang terdapat pada teks

Disajikan teks recount, peserta didik menentukan rujukan dari kata ganti yang terdapat pada teks.


Disajikan kalimat acak yang disebar, peserta didik dapat menyusun menjadi sebuah paragraph dalam sebuah teks recount.

L2
C3




L2
C3



L2
C3
















L3
C5
PG





PG




PG




PG
13





14




15




16
7.
3.12 
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan pengumuman/ pemberitahuan (notice), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya
8
Pemberita-huan
(Notice)
Menjelaskan definisi tentang notice  dalam bahasa Inggris
Peserta didik dapat menjelaskan definisi tentang notice dengan sempurna
(Diberikan definisi Notice dalam soal)
L1
C1


PG
17
8.
3.13
Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs
8
Lirik lagu berjudul
Bandung City/ Flower City

Menyebutkan nama lain dari kota Bandung berdasar lirik lagu Bandung City



menghubungkan keberadaan kota Bandung dengan peta bumi ada di propinsi mana dan juga ada di pulau mana



Menerangkan arti kata overcrowded dalam bahasa Indonesia berdasar lirik lagu Bandung City
Disajikan sebuah teks lengkap dengan Gedung Sate,peserta didik dapat menyebutkan  nama lain dari kota Bandung
Berdasar lirik lagu Bandung City

Disajikan sebuah teks lengkap dengan Gedung Sate, peserta didik dapat menghubungkan keberadaan kota Bandung dengan peta bumi ada di propinsi mana dan juga ada di pulau mana

Peserta didik dapat Menerangkan arti kata overcrowded dalam bahasa Indonesia berdasar lirik lagu Bandung City
L1
C1






L3
C6








L1
C2


PG







PG









PG




18







19









20
9.
3.9 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks information report lisan dan tulis dengan memberi informasi terkait mata pelajaran lain di  kelas IX, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.

9
Teks monolog berbentuk Report
·   Menemukan gambaran umum terkait teks report

·   Menentukan kesimpulan yang terdapat dalam teks report


·    Mengemukakan informasi secara rinci dari teks report

·    Menentukan rujukan dari kata yang digaris bawahi
·   Peserta didik dapat menemukan  gambaran umum terkait teks report

·   Peserta didik dapat menentukan kesimpulan yang terdapat dalam teks report


·    Peserta didik dapat mengemukakan informasi secara rinci dari teks report

·    Peserta didik dapat menentukan rujukan dari kata yang digaris bawahi











L1
C2





L2
C3









L2
C3
L3
C4








PG





PG





PG




PG
21





22





23




24
10.
3.6
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait fairytales, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

9
Teks monolog berbentuk Narrative



Kalimat acak berbentuk Narrative
Pemahaman teks Narrative terkait fairy Tale.
Di sajikan teks Narrative,peserta didik dapat menentukan ide pokok pada sebuah paragraph yang terdapat dalam teks.

Di sajikan teks Narrative,peserta didik dapat menemukan kalimat yang sesuai dengan teks.

Di sajikan teks narrative,peserta didik dapat menganalisis pesan moral yang terdapat dalam teks dengan benar.



L2
C3




L2
C3



L2
CE

PG





PG




PG
25





26




27
11.
3.10         Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/ tindakan/ kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi, rutin maupun tidak rutin, atau menjadi kebenaran umum di waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan simple past tense)
8
·    Topik
Kegiatan, tindakan yang (rutin) terjadi di masa lalu di sekolah, rumah, dan sekitarnya
Melengkapi kata yang tepat dalam sebuah teks


Melengkapi kata yang tepat dalam sebuah teks
Peserta didik dapat melengkapi kata yang tepat dalam sebuah teks


Peserta didik dapat melengkapi kata yang tepat dalam sebuah teks

L2
C3




L2
C3

PG





PG
28





29
12.
3.1
             Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya.

9
   Teks monolog ungkapan wish dan selamat.











  Teks pecakapan ungkapan selamat
mengidentifikasi informasi secara rinci dari teks monolog ungkapan wish dan selamat..


melengkapi kalimat pecakapan ungkapan selamat dengan tepat
     Disajikan teks ucapan selamat, peserta didik dapat mengidentifikasi informasi secara rinci dari teks.



    Disajikan teks ucapan selamat, peserta didik dapat menemukan rujukan dari kata yang digarisbawahi.



    Disajikan percakapan ungkapan selamat, peserta didik dapat melengkapi kalimat dengan tepat
L1
C1






L2
C3





L2
C3

PG





PG






PG
30





31






32











13
3.4 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait resep makanan/ minuman dan manual, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
9
  Teks monolog berbentuk Prosedur resep makanan


   Kalimat acak berbentuk prosedur
menidentifikasi gambaran umum terkait isi Teks monolog berbentuk Prosedur resep makanan

t menemukan informasi rinci dari teks berbentuk prosedur

  Disajikan teks prosedur resep makanan,peserta didik dapat menidentifikasi gambaran umum terkait isi teks.

  Disajikan teks prosedur, peserta didik dapat menemukan informasi rinci dari teks.

  Disajikan teks prosedur, peserta didik dapat menemukan padanan kata/frasa yang sama dari kata yang digarisbawahi.









L2
C3


L2
C3
L3
C4





PG





PG



PG
33





34



35

14.
3.3
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk label, dengan meminta dan memberi informasi terkait obat/makanan/ minuman, sesuai dengan konteks penggunaannya

9
Teks fungsional berbentuk Label obat
menunjukkan jenis label.



mengemukakan informasi rinci terkait isi Teks fungsional berbentuk Label obat


  Disajikan teks Label, peserta didik dapat menganalisis keterangan berdasarkan label.


  Disajikan teks Label, peserta didik dapat menyimpulkan informasi rinci terkait isi label.


  Disajikan teks Label, perserta didik dapat menentukan   arti kata yang digarisbawahi dalam bahasa Indonesia.











L2
C3





L3
C5
L3
C4
PG




PG





PG
36




37





38
15.
.10                 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk  iklan dengan memberi dan meminta informasi terkait produk dan jasa, sesuai dengan konteks penggunaannya
9
Teks fungsional berbentuk iklan

Menemukan informasi rinci terkait teks



Mengemukakan gambaran umum dari teks.


Disajikan teks iklan, Peserta didik dapat menemukan informasi rinci terkait teks


Disajikan teks iklan, peserta didik  dapat mengemukakan gambaran umum dari teks.






L2
C2
L3
C4
PG




PG
39




40







Comments

Popular posts from this blog

SOAL DAN JAWABAN TES SKOLASTIK PENALARAN PPPK GURU 2021 PAKET 1

CONTOH PROGRAM KERJA UJIAN SEKOLAH

ASESMEN DIAGNOSTIK