KISI KISI UJIAN SEKOLAH BAHASA INGGRIS
KISI-KISI  
MATA 
PELAJARAN   BAHASA INGGRIS
JUMLAH SOAL   40
PG
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
ALOKASI WAKTU  
: 90 MENIT
| 
NO URUT | 
KOMPETENSI DASAR | 
KELAS | 
MATERI POKOK | 
INDIKATOR | 
LEVEL KOGNITIF | 
BENTUK SOAL | 
NO SOAL | |||
| 
PENCAPAIAN KOMPETENSI | 
SOAL | 
L1 | 
L2 | 
L3 | ||||||
| 
1. | 
3.7 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
  kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan
  meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda sangat
  pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya | 
7 | 
Teks Fungsional Deskripsi | 
Menjelaskan teks fungsional deskripsi 
Melengkapi teks deskripsi rumpang
  dengan tepat 
Peserta didik dapat menentukan
  informasi yang rinci dari teks deskripsi 
Peserta
  didik dapat menunjukkan kata adjective dalam teks deskripsi rumpang  | 
·      
  peserta didik dapat mengidentifikasi rujukan kata dari
  teks deskripsi dengan tepat. 
·      
  peserta didik dapat menentukan informasi yang rinci
  dari teks deskripsi. 
Peserta didik dapat melengkapi teks deskripsi rumpang  
(Diberikan teks deskripsi rumpang dalam
  soal) 
Peserta didik dapat melengkapi
  teks deskripsi rumpang  
(Diberikan teks deskripsi rumpang dalam
  soal) 
Peserta didik dapat melengkapi teks deskripsi rumpang  
(Diberikan
  teks deskripsi rumpang dalam soal) |  | 
L2 
C3 
L2 
C3 
L2 
C3 
L2 
C3 
L2 
C3 |  | 
PG 
PG 
PG 
PG 
PG | 
1 
2 
3 
4 
5 | 
| 
2. | 
3.1     
  Mengidentifikasi fungsi sosial,
  struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan
  tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati
  diri, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya. Perhatikan
  unsur kebahasaan dan kosa kata terkait hubungan keluarga; pronoun
  (subjective, objective, possessive) | 
7 | 
·    Topik 
Deskripsi diri sendiri sebagai bagian
  dari keluarga: | 
Mengidentifikasi
  ungkapan untuk menyatakan Anggota keluarga | 
Peserta
  didik dapat Mengidentifikasi
  ungkapan untuk menyatakan  nama
  kecil penulis 
Peserta
  didik dapat menghitung umur anak yang ada dalam deskripsi  berdasarkan bacaan yang disediakan 
Peserta
  didik dapat menemukan pernyataan yang tidak sesuai dari identitas penulis
   | 
L1 
C1 
L1 
C2 
L1 
C3 |  |  | 
PG 
PG 
PG | 
6 
7 
8 | 
| 
3. | 
3.2 
Menerapkan fungsi sosial, struktur
  teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
  melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait maksud, tujuan,
  persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks
  penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan to, in order to, so that
  (dis)agreement | 
9 | 
Tindakan dan kegiatan peserta didik di
  sekolah atau  rumah | 
Menyusun kalimat dari kata yang disebar secara acak | 
Peserta didik dapat menyusun kalimat dari kata yang
  disebar secara acak 
(disediakan kata-kata yang dimaksud) |  |  | 
L3 
C6 | 
PG | 
9 | 
| 
4. | 
3.12 
   
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
  kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan pengumuman/
  pemberitahuan (notice), dengan
  memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks
  penggunaannya | 
8 | 
Pemberita-huan 
(Notice) | 
Mengkategorikan  contoh notice
  yang dirandom dengan kalimat pengecoh 
(destructor) | 
Disajikan dalam sebuah table,peserta
  didik  dapat mengkategorikan contoh
  notice walau dirandom dengan kalimat pengecoh (destructor) |  |  | 
L3 
C6 | 
PG | 
10 | 
| 
5. | 
3.5. 
 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks,
  dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk greeting card, dengan
  memberi dan meminta informasi terkait dengan hari-hari spesial, sesuai dengan
  konteks penggunaannya | 
8 | 
Teks
  fungsional pendek Greeting card | 
Mengklasifikasikan teks greeting card 
Mengidentifikasi informasi rinci dari teks Greeting card | 
Disajikan
  teks fungsional pendek berbentuk Greeting card, peserta
  ddik dapat mengklasifikasikan
  jenis teks greeting card dengan tujuan yang jelas 
Disajikan teks fungsional
  pendek berbentuk Greeting card, peserta ddik dapat mengidentifikasi
  informasi dari teks secara rinci. |  | 
L2 
C3 | 
L3 
C4 | 
PG 
PG | 
11 
12 | 
| 
6. | 
3.11
  Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan  beberapa teks personal recount lisan dan
  tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pengalaman pribadi di
  waktu lampau, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya | 
8 | 
Teks fungsional berbentuk
  recount | 
Menemukan informasi rinci dari teks. 
Menentukan makna kata/frasa yang terdapat
  pada teks 
Menentukan rujukan dari kata ganti yang
  terdapat pada teks. 
Menysun
  kalimat menjadi sebuah paragrap yang bagus | 
·    Disajikan
  teks recount, peserta didik dapat menemukan informasi rinci dari teks. 
Disajikan
  teks recount, peserta didik dapat menentukan makna kata/frasa yang
  terdapat pada teks 
Disajikan
  teks recount, peserta didik menentukan rujukan dari kata ganti
  yang terdapat pada teks. 
Disajikan
  kalimat acak yang disebar, peserta didik dapat menyusun menjadi sebuah
  paragraph dalam sebuah teks recount. |  | 
L2 
C3 
L2 
C3 
L2 
C3 | 
L3 
C5 | 
PG 
PG 
PG 
PG | 
13 
14 
15 
16 | 
| 
7. | 
3.12 
   
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
  kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan pengumuman/
  pemberitahuan (notice), dengan
  memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks
  penggunaannya | 
8 | 
Pemberita-huan 
(Notice) | 
Menjelaskan
  definisi tentang notice  dalam bahasa
  Inggris | 
Peserta didik dapat menjelaskan definisi tentang notice dengan
  sempurna 
(Diberikan definisi
  Notice dalam soal) | 
L1 
C1 |  |  | 
PG | 
17 | 
| 
8. | 
3.13 
Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lirik
  lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs | 
8 | 
Lirik lagu berjudul 
Bandung City/ Flower City | 
Menyebutkan nama lain
  dari kota Bandung berdasar lirik lagu Bandung City 
menghubungkan keberadaan kota Bandung dengan peta bumi ada di
  propinsi mana dan juga ada di pulau mana 
Menerangkan arti kata
  overcrowded dalam bahasa Indonesia berdasar lirik lagu Bandung City | 
Disajikan sebuah teks lengkap dengan
  Gedung Sate,peserta didik dapat menyebutkan  nama lain dari kota
  Bandung 
Berdasar lirik lagu
  Bandung City 
Disajikan sebuah teks lengkap dengan
  Gedung Sate, peserta didik dapat menghubungkan keberadaan kota
  Bandung dengan peta bumi ada di propinsi mana dan juga ada di pulau mana 
Peserta didik dapat Menerangkan
  arti kata overcrowded dalam bahasa Indonesia berdasar lirik lagu Bandung City | 
L1 
C1 
L3 
C6 
L1 
C2 |  |  | 
PG 
PG 
PG | 
18 
19 
20 | 
| 
9. | 
3.9 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur
  kebahasaan beberapa teks information report lisan dan tulis dengan memberi
  informasi terkait mata pelajaran lain di 
  kelas IX, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.  | 
9 | 
Teks monolog berbentuk Report | 
·   Menemukan
  gambaran umum terkait teks report 
·   Menentukan
  kesimpulan yang terdapat dalam teks report 
·    Mengemukakan
  informasi secara rinci dari teks report 
·    Menentukan
  rujukan dari kata yang digaris bawahi  | 
·   Peserta
  didik dapat menemukan  gambaran
  umum terkait teks report 
·   Peserta
  didik dapat menentukan kesimpulan yang terdapat dalam teks report 
·    Peserta
  didik dapat mengemukakan informasi secara rinci dari teks report 
·    Peserta
  didik dapat menentukan rujukan dari kata yang digaris bawahi | 
L1 
C2 | 
L2 
C3 
L2 
C3 | 
L3 
C4 | 
PG 
PG 
PG 
PG | 
21 
22 
23 
24 | 
| 
10. | 
3.6 
Membandingkan fungsi
  sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan
  tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait fairytales, pendek dan
  sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya | 
9 | 
Teks
  monolog berbentuk Narrative 
Kalimat
  acak berbentuk Narrative | 
Pemahaman
  teks Narrative terkait fairy Tale. | 
Di
  sajikan teks Narrative,peserta didik dapat menentukan ide pokok
  pada sebuah paragraph yang terdapat dalam teks. 
Di
  sajikan teks Narrative,peserta didik dapat menemukan kalimat yang sesuai dengan teks. 
Di
  sajikan teks narrative,peserta didik dapat menganalisis pesan
  moral yang terdapat dalam teks dengan benar. |  | 
L2 
C3 
L2 
C3 
L2 
CE |  | 
PG 
PG 
PG | 
25 
26 
27 | 
| 
11. | 
3.10         Menerapkan fungsi sosial,
  struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan
  tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/
  tindakan/ kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi, rutin maupun tidak
  rutin, atau menjadi kebenaran umum di waktu lampau, sesuai dengan konteks
  penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan simple past tense) | 
8 | 
·    Topik 
Kegiatan, tindakan yang (rutin)
  terjadi di masa lalu di sekolah, rumah, dan sekitarnya | 
Melengkapi kata yang tepat dalam sebuah teks 
Melengkapi kata yang tepat dalam sebuah teks | 
Peserta didik dapat melengkapi kata yang tepat dalam
  sebuah teks 
Peserta didik dapat melengkapi kata yang tepat dalam
  sebuah teks |  | 
L2 
C3 
L2 
C3 |  | 
PG 
PG | 
28 
29 | 
| 
12. | 
3.1  
             Menerapkan
  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
  interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan harapan,
  doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta
  menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya. | 
9 | 
•   Teks
  monolog ungkapan wish dan selamat. 
•  Teks
  pecakapan ungkapan selamat | 
mengidentifikasi
  informasi secara rinci dari teks monolog ungkapan wish dan selamat.. 
melengkapi
  kalimat pecakapan ungkapan selamat dengan tepat | 
•     Disajikan
  teks ucapan selamat, peserta didik dapat mengidentifikasi informasi secara
  rinci dari teks. 
•    Disajikan
  teks ucapan selamat, peserta didik dapat menemukan rujukan dari kata yang
  digarisbawahi. 
•    Disajikan
  percakapan ungkapan selamat, peserta didik dapat melengkapi kalimat
  dengan tepat | 
L1 
C1 | 
L2 
C3 
L2 
C3 |  | 
PG 
PG 
PG | 
30 
31 
32 | 
|  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
13 | 
3.4 Membandingkan fungsi sosial, struktur
  teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan
  memberi dan meminta informasi terkait resep makanan/ minuman dan manual,
  pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya | 
9 | 
•  Teks
  monolog berbentuk Prosedur resep makanan 
•   Kalimat
  acak berbentuk prosedur | 
menidentifikasi
  gambaran umum terkait isi Teks monolog berbentuk Prosedur resep makanan 
t
  menemukan informasi rinci dari teks berbentuk prosedur | 
•  Disajikan
  teks prosedur resep makanan,peserta didik dapat menidentifikasi
  gambaran umum terkait isi teks. 
•  Disajikan
  teks prosedur, peserta didik dapat menemukan informasi rinci dari
  teks. 
•  Disajikan
  teks prosedur, peserta didik dapat menemukan padanan kata/frasa yang
  sama dari kata yang digarisbawahi. |  | 
L2 
C3 
L2 
C3 | 
L3 
C4 | 
PG 
PG 
PG | 
33 
34 
35 | 
| 
14. | 
3.3 
Membandingkan
  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam
  bentuk label, dengan meminta dan memberi informasi terkait obat/makanan/
  minuman, sesuai dengan konteks penggunaannya | 
9 | 
• Teks
  fungsional berbentuk Label obat | 
menunjukkan
  jenis label. 
mengemukakan
  informasi rinci terkait isi Teks fungsional berbentuk Label obat | 
•  Disajikan
  teks Label, peserta didik dapat menganalisis keterangan
  berdasarkan label. 
•  Disajikan
  teks Label, peserta didik dapat menyimpulkan informasi rinci
  terkait isi label. 
•  Disajikan
  teks Label, perserta didik dapat menentukan   arti kata yang digarisbawahi dalam bahasa
  Indonesia. | 
L2 
C3 | 
L3 
C5 | 
L3 
C4 | 
PG 
PG 
PG | 
36 
37 
38 | 
| 
15. | 
.10                 Membandingkan
  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam
  bentuk  iklan dengan memberi dan
  meminta informasi terkait produk dan jasa, sesuai dengan konteks
  penggunaannya | 
9 | 
Teks fungsional
  berbentuk iklan | 
Menemukan informasi rinci terkait
  teks 
Mengemukakan gambaran umum dari teks. | 
Disajikan
  teks iklan, Peserta didik dapat menemukan informasi rinci terkait teks 
Disajikan
  teks iklan, peserta didik  dapat mengemukakan
  gambaran umum dari teks. |  | 
L2 
C2 | 
L3 
C4 | 
PG 
PG | 
39 
40 | 
|  |  |  | 
Comments
Post a Comment