KISI KISI UJIAN SEKOLAH IPS
KISI-KISI PENULISAN
SOAL
Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : IPS
Kurikulum : Kurikulum 2013
Alokasi
Waktu : 120 Menit
Bentuk
Soal : Pilihan
Ganda Nomor 1.s.d. 40
Tahun Ajaran :
2019/2020
KISI-KISI
SOAL UJIAN SEKOLAH
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
KELAS / SEMESTER
|
MATERI
|
LEVEL KOGNITIF
|
INDIKATOR
|
NO. SOAL
|
1
|
3.1. Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka
bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antar ruang di
Indonesia serta pengaruhnya terhadap
kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikanMemahami
konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis,
flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta
pengaruhnya terhadap kehidupan manusia
dalam aspek ekonomi, sosial,
3.2. Mengidentifikasi interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap
kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan
sosial budaya
|
VII/1
VII/1
|
Letak Indonesia
Dinamika
Penduduk Indonesia
Kondisi iklim
Indonesia
Interaksi social
Bentuk Interaski
social
Lembaga Sosial
|
Lefel 1,C2
Lefel 2,C3
Lefel 2,C3
Lefel 3,C4
Lefel 1,C2
Lefel 2 C3
|
Menjelaskan pengaruh letak geografis dan astronomis
Indonesia
Menggambarkan posisi letak Negara Indonesia dilihat
dari peta Dunia
Menentukan iklim Indonesia berdasarkan angina muson
Menganalisis interaksi social yang terjadi pada
kehidupan sehari hari
Mengidentifikasi jenis interaksi social yang terjadi
pada kehidupan sehari – hari
Menganalisis peran serta lembaga social guna
pengendalian penyimpangan perilaku remaja pada kehidupan sehari hari
|
1
2
3
4
5
6
|
2
|
3.3.Memahami konsep interaksi antara manusia
dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi,
distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang
untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia
3.4
Memahami kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa
Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak
masa praaksara sampai masa hindu Budha dan Islam
|
VII/2
|
Kegiatan
Ekonomi Masyarakat
Kegiatan
ekonomi
Permintaan
dan Penawaran
Masa pra
aksara
Kehidupan
masyarakat pada masa Hindu-Budha
|
Lefel 2,C3
Lefel 2,C3
Lefel 2,C3
Lefel 2/C3
Lefel 2,C3
|
Menganalisis
motif dan prinsip seseorang atau kelompok dalam melakukan kegiatan ekonomi
Membedakan
paktor produksi asli denga factor produksi turunan pada kegiatan produksi
yang dilakukan masyarakat
Menggambarkan
salah satu kurva dari permintaan dan atau penawaran
Membandingkan
hasil kebudayaan jaman pra aksara di Indonesia
Menganalisis
kerajaan yang bercorak Hindu0-Budha dan Islam di Indonesia
|
7
8
9
10
11
12
|
3
|
3.1.
Menelaah perubahan
keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang
diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan
lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi,
sosial, budaya, dan politik
3.2.
Menganalisis pengaruh
interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan
budaya serta pengembangankehidupan kebangsaan
3.3.
Menganalisis keunggulan
dan keterbatasan ruang dalam permintaan dan penawaran serta teknologi, dan
pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, dan
budaya di Indonesia dan negara-negara ASEAN
3.4.
Menganalisis kronologi,
perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan,
sosial, budaya) dari masa penjajahan
sampai tumbuhnya
semangat kebangsaan
|
VIII/1
VIII/2
|
ASEAN
Interaksi
antarnegara ASEAN
Pengaruh
perubahan lahan terhadap kehidupan Ekonomi
Mobilitas social
Factor
penghambat dan pendorong mobilitas social
Pluralitas
masyarakat Indonesia
Perdagangan
antar pulau dan perdagangan Internasional
Redistribusi
Pendapatan
Kedatangan
bangsa barat
Pergerakan
Nasional
|
Lefel 1,C1
Lefel 2,C3
Lefel 2,C3
Lefel 2,C3
Lefel 1,C2
Lefel 2,C3
Lefel 2,C3
Lefel 2,C3
Lefel 1,C2
Lefel 3,C4
|
Menjelaskan
latarbelang terbentuknya ASEAN
Menganalisis
pengaruh interaksi antar Negara ASEAN
Menganalisis
pengaruh perubahan lahan terhadap kehidupan ekonomi
Menganalisis
terjadinya mobilitas social yang terjadi di masyarakat
Menyebutkan pendorong
dan penghambat mobilitas social pada masa modern
Menganalisis
pluralitas masyarakat Indonesia
Menganalisis
kegiatan perdagangan internasional melalui grafik
Menganalisis
Pengalokasian kembali pendapatan masyarakat
Menyebutkan
tokoh penjajah yang datang ke Indonesia
Membedakan factor ektern dan Intern pergerakan
nasional Indonesia
|
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
|
4
|
3.1.
Menelaah
perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua
lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap
keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan
politik
3.2.
Menganalisis
perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus
globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan
3.3.
Menganalisis
ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi,
konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk,
transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan
kesejahteraan masyarakat
3.4.
Menganalisis
kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi,
pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi
|
IX/1
IX/1
IX/2
|
Benua
Kondisi
Geografis Benua di permukaan bumi
Kondisi alam
salah satu benua
Interaksi
Antarnegara Asia dengan Benua Lainnya
Pengaruh
Interaksi antaruang di berbagai bidang
Perubahan social
budaya
Dampak Perubahan
kehidupan social Budaya dan Globalisasi di Masyarakat
Modernisasi
Dampak
Globalisasi
Persebaran
kegiatan produksi Indonesia
Manfaat
perdagangan Internasional
Kebijakan
penentuan harga Global
Pengaruh
ketergantungan Antarruang terhadap Migrasi Penduduk
Masyarakat
Indonesia masa kemerdekaan
Persiapan
Kemerdekaan
Peristiwa
Renggas dengklok
Keadaan politik
masa Orde Baru
Keadaan Politik
Reformasi
|
Lefel 2,C3
Lefel 2,C3
LEFEL 1,C1
Lefel 1,C1
Lefel 2,C3
Lefel 2,C3
Lefel 2,C3
Lefel 2,C3
Lefel 2,C3
Lefel 1,C1
Lefel 2,C3
Lefel 1,C2
Lefel 1,C2
Lefel 2,C3
Lefel 2,C3
Lefel 1,C1
Lefel 1,C2
Lefel 1,C2
|
Mengurutkan
benua di Dunia dari teerluas
Membedakan
iklim berdasarkan letak geografis Benua di permukaan bumi
Menyebutkan
keadaan alam salah satu Benua
Menyebutkan
contoh interaksi antarnegara
Membedakan
pengaruh interaksi antarruangsecara positif dan negative pada sberbagai bidang
Menganalisis
bentuk perubahan social dan budaya pada kehidupan sehari hari
Menganalisis
dampak perubahan social budaya dan blobalisasi bagi kehidupan masyarakat
Membedakan
antara modernisasi dengan westernisasi dalam kehidupan sehari hari
Membedakan
dampak positif dan negative dari globalisasi
Menyebutkan
salah satu produksi komoditas yang di hasilkan beberapa wilayah Indonesia
Menerapkan
manfaat perdagangan Internasional dalam kehidupan sehari-hari
Membedakan
kebijakan penentuan harga global dalam perdagangan Internasional
Membedakan
factor pendorong dan penghambat dari mobilitas penduduk
Menentukan
propaganda yang dilakukan Jepang terhadap Indonesia
Menentukan
pernyataan yang terdapat sidang BPUPKI
Menyebutkan
latarbelakang peristiwa Rengasdengklok
Mencontohkan
keadaan politik luar negeri masa Orde Baru
Menjelaskan
latarbelakang lahirnya reformasi dan berakhirnya masa Orde Baru
|
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
|
Comments
Post a Comment