KISI KISI UJIAN SEKOLAH BAHASA INDONESIA
KISI-KISI
PENULISAN SOAL
Jenjang
Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kurikulum :
Kurikulum 2013
Alokasi
Waktu : 120 Menit
Bentuk
Soal : Pilihan Ganda
Tahun
Ajaran : 2019/2020
KISI-KISI
SOAL UJIAN SEKOLAH) BAHASA INDONESIA
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) TAHUN PELAJARAN
2019/2020
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
KELAS / SEMESTER
|
MATERI
|
LEVEL KOGNITIF
|
INDIKATOR
|
NO. SOAL
|
1
|
3.5 Mengidentifikasi
informasi teks eksposisi berupa artikel ilmiah
populer dari koran/majalah) yang didengar dan dibaca |
VII1/1
|
Makna
kata dan informasi tersurat
|
Penerapan
|
Disjikan sebuah teks, peserta
didik, Menentukan makna kata yang bercetak miring.
|
1
|
Menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi teks
|
2
|
|||||
Menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam teks
|
3
|
|||||
2
|
3.9 Mengidentifikasi
informasi teks
diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari permasalahan aktual yang dibaca dan didengar |
IX/2
|
Teks
Pendapat pro dan kontra, ide pokok paragra,menyimpulkan isi teks
|
Aplikasi
|
Disajikan sebuah teks diskusi,peserta didik
mampu
Menetukan pernyataan isu yang tepat.
|
4
|
Menentukan ide pokok paragraf dengan tepat
|
5
|
|||||
Menyimpulkan isi teks dengan tepat
|
6
|
|||||
Menentuukan pendapat yang pro dalam teks
|
7
|
|||||
3
|
3.2 Menelaah struktur dan
kebahasaan
teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca |
VIII/I
|
Perbedaan
penggunaan bahasa,perbedaan pola penyajian
|
Penalaran
|
Disajikan dua buah teks, peserta didik mampu
Membedakan penggunaan bahasa dalam teks tersebut
|
8
|
Menentukan perbedaan pola
penyajian
|
9
|
|||||
4
|
3.6 Menelaah struktur dan
aspek
kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar |
IX/I
|
Makna
kata dalam teks,unsur pembangu karya
sastra,bukti latar
|
Pengetaahuan dan pemahaman
|
Disajikan sebuah teks cerpen, peserta didik mampu
Menentukan makna kata bercetak tebal
|
10
|
Menentukan tokoh utama dalam cerpen
Menentukan bukti watak tokoh
|
11
20
|
|||||
Menentukan struktur cerpen
|
12
|
|||||
Menentukan makna simbol dalam cerpen
|
13
|
|||||
Menentukan nilai moral dalam kutipan cerpen
|
14
|
|||||
Menentukan latar tempat dalam cerpen
Menetukan bukti latar dalam cerpen
|
15
19
|
|||||
Menetukan simpulan konflik dalam cerpen
|
16
|
|||||
5
|
3.3 Mengidentifikasi
unsur-unsur teks
narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar |
Disajikan sebuah data, peserta didik mampu mengubah data tersebut menjadi
sebuah laporan yang baik
|
17,24
|
|||
Disajikan sebuag dialog,peserta didik mampu mengubah dialog tersebut ke
dalam bentuk narasi
|
18
|
|||||
6
|
3.15 Mengidentifikasi informasi
tentang
fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar |
VII/I
|
Komentar
terhadap karya sastra
|
Disajikan teks fabel,peserta didik mampu menentukan komentar yang sesuai
dengan isi kutipan cerita
|
21
|
|
7
|
3.8 Menelaah struktur dan
kebahasaan dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) berupa kritik, sanggahan, atau pujian yang didengar dan/atau dibaca |
IX/I
|
Teks
tanggapan
|
Disajikan sebuah teks, peserta didik dapat melengkapi kalimat rumpang
dengan istilah yang tepat
|
22
|
|
Disajikan kalimat rumpang, peserta didik mampu melengkapi kalimat rumpang
tersebut dengan kata bentukan yang tepat
|
23
|
|||||
8
|
3.5 Mengidentifikasi teks
prosedur
tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar |
VII/I
|
Teks
prosedur
|
Disjikan sebuah teks, peserta
didik dapat:
Melengkapi teks tersebut dengan
kalimat yang tepat
|
25
|
|
Menyusun teks prosedur dengan benar
|
28
|
|||||
9
|
Menelaah unsur kebahasaan
|
IX/2
|
Menyunting
|
Penerapan
|
Disajikan sebuah teks ,peserta didik menetukan
konjungsi yang tepat.
|
26,31
|
Disajikan sebuah teks, pesert didik mampu menentukan variasi kalimat yang
tepat
|
27
|
|||||
Mampu memperbaiki kelasahan
penggunaan ejaan
|
29,30
|
|||||
Mampu memperbaiki penggunaan tanda baca yang tepat
|
32
|
|||||
Menentukan alasan ketidakpaduan pada paragraf
|
34
|
|||||
Menentukan alahan ketidakefektifan kalimat
|
35
|
|||||
Menetukan penggunaan huruf kapital yang tepat
|
36,37
39
|
|||||
10
|
3.12 Menelaah struktur dan
kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, dan karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca |
VIII/2
|
Teks
Ulasan
|
Penalaran
|
Disajikan sebuah teks ulasan, peserta didik mampu menentukan keunggulan
sebuah karya
|
38
|
11
|
3.13 Mengidentifikasi jenis
saran,
ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca |
VIII/I
|
Teks
persuasi
|
Aplikasi
|
Disajikan sebuah teks,peserta didik mampu meringkas wacana dengan tepat
|
40
|
Comments
Post a Comment