KISI KISI UJIAN SEKOLAH BAHASA INDONESIA


KISI-KISI PENULISAN SOAL

Jenjang Sekolah                  : SMP
Mata Pelajaran                    : BAHASA INDONESIA
Kurikulum                           : Kurikulum 2013
Alokasi Waktu                    : 120 Menit
Bentuk Soal                        : Pilihan Ganda
Tahun Ajaran                      : 2019/2020

KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH) BAHASA INDONESIA
 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) TAHUN PELAJARAN 2019/2020
NO
KOMPETENSI DASAR
KELAS / SEMESTER
MATERI
LEVEL KOGNITIF
INDIKATOR
NO. SOAL
1
3.5 Mengidentifikasi informasi teks eksposisi berupa artikel ilmiah
populer dari koran/majalah) yang
didengar dan dibaca

VII1/1
Makna kata dan informasi tersurat
Penerapan
Disjikan sebuah teks, peserta didik, Menentukan makna kata yang bercetak miring.


1




Menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi teks
2
Menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam teks
3
2
3.9 Mengidentifikasi informasi teks
diskusi berupa pendapat pro dan
kontra dari permasalahan aktual
yang dibaca dan didengar

IX/2
Teks Pendapat pro dan kontra, ide pokok paragra,menyimpulkan isi teks
Aplikasi
Disajikan sebuah teks diskusi,peserta didik mampu
Menetukan pernyataan isu yang tepat.

4

Menentukan ide pokok paragraf dengan tepat

5


Menyimpulkan isi teks dengan tepat
6




Menentuukan pendapat yang pro dalam teks
7
3
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan
teks berita (membanggakan dan
memotivasi) yang didengar dan
dibaca

VIII/I
Perbedaan penggunaan bahasa,perbedaan pola penyajian
 Penalaran
Disajikan dua buah teks, peserta didik mampu
Membedakan penggunaan bahasa dalam teks tersebut
8
 Menentukan perbedaan pola penyajian
9
4
3.6 Menelaah struktur dan aspek
kebahasaan cerita pendek yang
dibaca atau didengar

IX/I
Makna kata dalam teks,unsur pembangu  karya sastra,bukti latar
Pengetaahuan dan pemahaman
Disajikan sebuah teks cerpen, peserta didik mampu
Menentukan makna kata bercetak tebal


10
Menentukan tokoh utama dalam cerpen
Menentukan bukti watak tokoh
11

20
Menentukan struktur cerpen
12
Menentukan makna simbol dalam cerpen
13
Menentukan nilai moral dalam kutipan cerpen
14
Menentukan latar tempat dalam cerpen
Menetukan bukti latar dalam cerpen
15

19
Menetukan simpulan konflik dalam cerpen
16
5
3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks
narasi (cerita imajinasi) yang
dibaca dan didengar




Disajikan sebuah data, peserta didik mampu mengubah data tersebut menjadi sebuah laporan yang baik
17,24





Disajikan sebuag dialog,peserta didik mampu mengubah dialog tersebut ke dalam bentuk narasi
18
6
3.15 Mengidentifikasi informasi tentang
fabel/legenda daerah setempat
yang dibaca dan didengar

VII/I
Komentar terhadap karya sastra

Disajikan teks fabel,peserta didik mampu menentukan komentar yang sesuai dengan isi kutipan cerita
21
7
3.8 Menelaah struktur dan
kebahasaan dari teks tanggapan
(lingkungan hidup, kondisi sosial,
dan/atau keragaman budaya, dll)
berupa kritik, sanggahan, atau
pujian yang didengar dan/atau
dibaca

IX/I
Teks tanggapan

Disajikan sebuah teks, peserta didik dapat melengkapi kalimat rumpang dengan istilah yang tepat
22
Disajikan kalimat rumpang, peserta didik mampu melengkapi kalimat rumpang tersebut dengan kata bentukan yang tepat
23
8
3.5 Mengidentifikasi teks prosedur
tentang cara melakukan sesuatu
dan cara membuat (cara
memainkan alat musik/tarian
daerah, cara membuat kuliner
khas daerah, dll.) dari berbagai
sumber yang dibaca dan didengar

VII/I
Teks prosedur

Disjikan sebuah teks, peserta didik dapat:

Melengkapi teks tersebut dengan kalimat yang tepat

25





Menyusun teks prosedur dengan benar
28
9
Menelaah unsur kebahasaan
IX/2
Menyunting
Penerapan
Disajikan sebuah teks ,peserta didik menetukan konjungsi  yang tepat.
26,31
Disajikan sebuah teks, pesert didik mampu menentukan variasi kalimat yang tepat
27
Mampu  memperbaiki kelasahan penggunaan ejaan
29,30
Mampu memperbaiki penggunaan tanda baca yang tepat
32
Menentukan alasan ketidakpaduan pada paragraf
34
Menentukan alahan ketidakefektifan kalimat
35
Menetukan penggunaan huruf kapital yang tepat
36,37
39
10
3.12 Menelaah struktur dan
kebahasaan teks ulasan (film,
cerpen, puisi, novel, dan karya seni
daerah) yang diperdengarkan dan
dibaca

VIII/2
Teks Ulasan
Penalaran
Disajikan sebuah teks ulasan, peserta didik mampu menentukan keunggulan sebuah karya
38
11
3.13 Mengidentifikasi jenis saran,
ajakan, arahan, dan pertimbangan
tentang berbagai hal positif atas
permasalahan aktual dari teks
persuasi (lingkungan hidup,
kondisi sosial, dan/atau
keragaman budaya) yang didengar
dan dibaca

VIII/I
Teks persuasi
Aplikasi
Disajikan sebuah teks,peserta didik mampu meringkas wacana dengan tepat
40




Comments

Popular posts from this blog

SOAL DAN JAWABAN TES SKOLASTIK PENALARAN PPPK GURU 2021 PAKET 1

CONTOH PROGRAM KERJA UJIAN SEKOLAH

ASESMEN DIAGNOSTIK