KISI KISI UJIAN SEKOLAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI


KISI-KISI PENULISAN SOAL

Sekolah                            : SMP
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kurikulum                        : Kurikulum 2013
Alokasi Waktu                  : 120 Menit
Bentuk Soal                     : Pilihan Ganda Nomor 1.s.d. 40
Tahun Ajaran                    : 2019/2020

KISI-KISI SOAL UJIAN
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

NO
KOMPETENSI DASAR
KELAS / SEMESTER
MATERI
LEVEL KOGNITIF
INDIKATOR
NO. SOAL
1
3.1.    Memahami  makna  Q.S. Al-Mujadilah /58: 11, Q.S. Ar-Rahman /55: 33 dan hadis terkait tentang menuntut ilmu
VII/1
Q.S. Al-Mujadilah /58: 11, Q.S. Ar-Rahman /55: 33 dan hadis terkait tentang menuntut ilmu
Penerapan
Ditampilkan Q.S. Al-Mujadilah /58: 11, Q.S. Ar-Rahman /55: 33 atau hadis terkait beserta artinya, peserta didik dapat menerapkan perilaku yang sesuai dengan ayat atau hadis tersebut dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
1
2
3.2.    Memahami makna Q.S. An-Nisa/4: 146, Q.S. Al Baqarah/2: 153, dan
Q.S. Ali Imran/3: 134 serta hadis terkait tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf
VII/2
Q.S. An-Nisa/4: 146, Q.S. Al Baqarah/2: 153, dan
Q.S. Ali Imran/3: 134

Penalaran
Disajikan beberapa contoh perilaku terpuji, peserta didik dapat menganalisis keterkaitanya dengan Q.S. An-Nisa/4: 146, Q.S. Al-Baqarah/2: 153, atau Q.S. Ali Imran/3: 134 dengan tepat.
9
3
3.2.    Memahami Q.S. An-Nahl/16: 114 dan hadis terkait tentang mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi dalam kehidupan sehari-hari
VIII/2
Q.S. An-Nahl/16: 114 dan hadis terkait tentang mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi dalam kehidupan sehari-hari
Penalaran
Ditampilkan Q.S. An-Nahl/16: 114 atau hadis terkait beserta artinya, peserta didik dapat memberikan contoh yang sesuai dengan ayat atau hadis tersebut dengan tepat.
36
4
3.1.    Memahami Q.S. Az-Zumar/39: 53, Q.S. An-Najm/53: 39-42, Q.S. Ali Imrān/3: 159 tentang optimis, ikhtiar, dan tawakkal
IX/1
Q.S. Az-Zumar/39: 53, Q.S. An-Najm/53: 39-42, Q.S. Ali Imrān/3: 159
Pengetahuan dan Pemahaman
Ditampikan Q.S. Az-Zumar/39: 53, Q.S. An-Najm/53: 39-42, Q.S. Ali Imrān/3: 159 peserta didik dapat menentukan arti lafal yang digarisbawahi dengan tepat.
12
5



Pengetahuan dan Pemahaman
Disajikan contoh perilaku berdasarkan Q.S. Az-Zumar/39: 53, Q.S. An-Najm/53: 39-42 atau Q.S. Ali Imrān/3:159 peserta didik dapat membedakan contoh perilaku optimis, tawakal atau ikhtiar dengan benar.
38
6
3.2.    Memahami Q.S. Al-Hujurat/49: 13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan

IX/2
Q.S. Al-Hujurat/49: 13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan

Penalaran
Ditampilkan Q.S. Al-Hujurat/49: 13 , peserta dapat menentukan ayat tentang toleransi dan menghargai perbedaan.

3
7
3.3.    Memahami makna al-  
Asma‘u alHusna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
VII/1
Al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
Penerapan
Disajikan sebuah ilustrasi tentang perilaku sehari-hari, peserta didik dapat menghubungkan dengan asmaul husna yang sesuai
28
8
3.4.    Memahami makna iman  
kepada malaikat berdasarkan dalil naqli
VII/2
Iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli
Penalaran
Ditampilkan QS. Al-Anbiya’/21:19 beserta artinya, peserta didik dapat menyimpulkan makna ayat tersebut dengan benar
14
9
3.3.    Memahami makna
beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT.
VIII/1
Beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT.
Penerapan
Disajikan contoh perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menghubungkannya dengan implementasi beriman kepada  kitab-kitab Allah SWT. secara tepat.
30
10
3.4.    Memahami makna iman
kepada hari akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk ciptaan-Nya
IX/1
Iman kepada hari akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk ciptaan-Nya
Pengetahuan dan pemahaman
Disajikan beberapa pernyataan tentang beriman kepada hari akhir,  peserta didik dapat mengidentifikasi pernyataan tersebut yang merupakan fungsi iman kepada hari akhir dengan tepat.
5
11



Pengetahuan dan pemahaman
Disajikan tabel peristiwa hari akhir, peserta didik dapat menentukan arti dari peristiwa hari akhir.
32
12
3.5.    Memahami makna iman
kepada qadha dan qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan-Nya
IX/2
Iman kepada qadha dan qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan-Nya
Penalaran
Disajikan beberapa pernyataan tentang beberapa peristiwa, peserta didik dapat menyimpulkan mana yang termasuk taqdir muallaq.
6
13



Penalaran
Disajikan kutipan berita tentang musibah yang terjadi di Indonesia, peserta didik dapat menyimpulkan sikap beriman kepada qadha dan qadar dengan benar.
7
14
3.5. Memahami makna perilaku jujur, amanah, dan istiqamah
VII/I
Perilaku jujur, amanah, dan istiqamah
L2
(Penerapan/Aplikasi)
Disajikan contoh perilaku kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menghubungkan dengan perilaku jujur, amanah, atau istiqamah secara tepat
29
15
3.6 Memahami makna hormat dan patuh  kepada kedua orang tua dan guru, dan  empati terhadap sesama.

VII/II
Hormat dan patuh kepada kedua orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama

L2
(Penerapan/Aplikasi)
Disajikan ilustrasi sebuah musibah, peserta didik dapat memberikan contoh perilaku empati dengan tepat
40
16
3.5.  Memahami bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran

VIII/1
Bahaya mengomsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran
L1
(Pengetahuan dan Pemahaman)
Disajikan ilustrasi tentang akibat dari mengonsumsi minuman keras, peserta didik dapat mengidentifikasi bahaya mengkonsumsi minuman keras dengan tepat.
20
17
3.6. Memahami cara menerapkan perilaku jujur dan adil
VIII/1
Cara menerapkan perilaku jujur dan adil
L2
(Penerapan/Aplikasi)
Disajikan narasi tentang sebuah peristiwa, peserta didik dapat menentukan perilaku perilaku jujur atau adil dengan benar
18
18



L2
(Penerapan/Aplikasi)
Disajikan ilustrasi peristiwa sehari-hari, peserta didik dapat menentukan manfaat perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
4
19
3.7    Memahami cara berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru.


VIII/2
Perilaku berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru
L3
(Penalaran)
Disajikan deskripsi permasalahan terhadap orang tua atau guru, peserta didik dapat memecahkan masalah dengan benar.

35
20
3.5. Memahami penerapan jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari

IX/1
Perilaku jujur dan menepati janji dalam kehidupan
L3
(Penalaran)
Disajikan ilustrasi tentang perilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menyimpulkan perilaku yang mencerminkan sikap jujur atau menepati janji dengan benar.
13
21
3.6  Memahami cara berbakti dan taat kepada orang tua dan guru.
IX/1
Perilaku berbakti dan taat kepada orangtua dan guru
L3
(Penalaran)
Disajikan narasi tentang perilaku terpuji, peserta didik dapat menyimpulkan cara berbakti dan taat kepada orang tua atau guru dengan tepat.
34
22

3.7   Memahami makna tata krama, sopan santun, dan rasa malu.
IX/2
Tata krama, sopan santun, dan rasa malu
L1
(Pengetahuan dan Pemahaman)
Disajikan bebrapa contoh sikap terpuji, peserta didik dapat menentukan sikap tata krama, sopan santun, atau rasa malu dengan benar.
33
23
3.8 Memahami ketentuan salat berjamaah.

VII/ 1
Ketentuan Salat berjama’ah

Penalaran

Disajikan pernyataan tentang pelaksanaan salat berjamaah, peserta didik dapat mengidentifikasi syarat-syarat jadi imam.

16
24
3.9 Memahami ketentuan salat Jum’at.

VII/ 2
Ketentuan Salat Jum’at

Penalaran
Disajikan ilustrasi pelaksanaan salat jumat, peserta didik dapat mengevaluasinya dengan benar

15
25
3.10 Memahami ketentuan salat jamak qasar.

VII/ 2
Ketentuan salat jamak qasar

Penalaran

Disajikan narasi sebuah perjalanan, peserta didik dapat memecahkan masalah pelaksanaan salat jama dan qasar dengan tepat.

2
26
3.9. Memahami ketentuan salat sunah berjamaah dan munfarid sebagai perintah agama
VIII/1
Ketentuan salat sunnah berjamaah dan munfarid

Pengetahuan dan Pemahaman
Disajikan  ilustrasi gejala  alam, peserta didik dapat menentukan pelaksanaan salat sunah terkait peristiwa tersebut dengan tepat.
10
27
3.10. Memahami ketentuan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi sebagai perintah agama
VIII/1
Sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
Penerapan
Disajikan narasi tentang peristiwa yang terjadi pada seseorang, peserta didik dapat menentukan kategori orang yang menerima zakat.
39
28
3.8 Memahami ketentuan zakat
IX/1
Delapan asnaf (golongan) orang yang berhak menerima zakat
Penalaran
Disajikan ilustrasi tentang zakat, peserta didik dapat menyimpulkan kandungannya dengan benar.
26
29


Manfaat atau hikmah zakat mal
Penerapan
Disajikan ilustrasi tentang seseorang yang selalu mengeluarkan zakat dari hasil pendapatannya/gajinya, peserta didik dapat menentukan hikmah zakat mal.

17
30
3.9 Memahami ketentuan ibadah haji dan umrah
IX/I
Ketentuan haji dan umrah
Penerapan
Disajikan beberapa pernyataan tentang ibadah haji, peserta didik dapat menentukan amalan haji dengan benar.
11
31
3.10 Memahami ketentuan
        penyembelihan hewan   
        dalam Islam
IX/II
Ketentuan penyembelihan hewan dalam Islam
Pengetahuan dan Pemahaman
Disajikan beberapa pernyataan tentang penyembelihan hewan, peserta didik dapat mengidentifikasi tata cara menyembelih hewan menurut ajaran Islam dengan benar.
24
32
3.11. Memahami ketentuan
         qurban dan aqiqah
IX/II
Ketentuan kurban dan akikah
Penalaran
isajikan ilustrasi tentang pelaksanaan kurban atau akikah, peserta didik dapat menganalisis berdasarkan ketentuan hukum Islam dengan benar.
19
33
3.11. Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW. periode Mekah
VII/1
Sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW. Periode Mekah

Pengetahuan dan Pemahaman

Disajikan beberapa nama sahabat Nabi Muhammad SAW, peserta didik dapat mengidentifikasi misi dakwah nabi Muhammad SAW.
21
34
3.12 Memahami sejarah Perjuangan Nabi Muhammad SAW. periode Madinah
VII/2
·       Sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW. periode Madinah.

Penalaran
Disajikan narasi tentang kehidupan bermasyarakat pada masa Nabi Muhammad SAW. periode Madinah, peserta didik dapat menyimpulkan nilai-nilai yang diterapkan dengan benar.
22
35


·       Sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW. periode Madinah.

Penalaran
Disajikan narasi tentang kehidupan bermasyarakat pada masa Nabi Muhammad SAW. periode Madinah, peserta didik dapat menyimpulkan perilaku yang mencerminkan semangat perjuangan Nabi di Madinah pada zaman milenial.
25
36
3.13 Memahami sejarah perjuangan dan kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun
VII/2
·       Sejarah perjuangan dan kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun
Penalaran
Disajikan narasi tentang perjuangan al-Khulafa al-Rasyidun, peserta didik dapat menyimpulkan hasilnya dengan benar.
8
37
3.13. Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Bani Umayah
VIII/1
·          Sejarah ilmu pengetahuan masa Bani Umayah

Penerapan

Disajikan biografi Khalifah Bani Ummayah beserta perannya, Peserta didik dapat mengidentifikasi khalifah sesuai dengan peranannya.
31
38
3.14 Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Bani Abbasiyah
VIII/2
·       Sejarah ilmu pengetahuan masa Bani Abbasiyah

Penalaran
Disajikan kisah ilmuwan di Masa Abbasiyah, Peserta Didik dapat menyimpulkan nilai-nilai yang dapat diteladani dengan benar.
23
39
3.12 Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Bani Abbasiyah
IX/1
·       Sejarah perkembangan  Islam di Nusantara

Pengetahuan dan pemahaman
Disajikan deskripsi tentang cara penyebaran Islam di Nusantara peserta didik dapat menentukan cara masuknya Islam ke Indonesia.
37
40
3.13. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara
IX/2
·       Sejarah Tradisi Islam di Nusantara

Penalaran
Disajikan fakta tentang pelaksanaan tradisi Islam di Nusantara, peserta didik dapat menyimpulkan nilai yang terkandung pada tradisi tersebut dengan benar
27



Comments

Popular posts from this blog

SOAL DAN JAWABAN TES SKOLASTIK PENALARAN PPPK GURU 2021 PAKET 1

CONTOH PROGRAM KERJA UJIAN SEKOLAH

ASESMEN DIAGNOSTIK