KISI KISI UJIAN SEKOLAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
KISI-KISI
PENULISAN SOAL
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kurikulum : Kurikulum 2013
Alokasi Waktu :
120 Menit
Bentuk Soal :
Pilihan Ganda Nomor 1.s.d. 40
Tahun Ajaran : 2019/2020
KISI-KISI SOAL UJIAN
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KELAS /
SEMESTER
|
MATERI
|
LEVEL KOGNITIF
|
INDIKATOR
|
NO. SOAL
|
1
|
3.1.
Memahami makna
Q.S. Al-Mujadilah
/58: 11, Q.S. Ar-Rahman /55:
33 dan hadis terkait
tentang menuntut ilmu
|
VII/1
|
Q.S. Al-Mujadilah
/58: 11, Q.S. Ar-Rahman /55: 33 dan hadis
terkait tentang menuntut ilmu
|
Penerapan
|
Ditampilkan Q.S. Al-Mujadilah /58: 11, Q.S. Ar-Rahman /55: 33 atau hadis terkait
beserta artinya, peserta didik dapat menerapkan perilaku yang sesuai dengan
ayat atau hadis tersebut dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
|
1
|
2
|
3.2.
Memahami makna Q.S. An-Nisa/4: 146, Q.S.
Al Baqarah/2: 153, dan
Q.S. Ali Imran/3: 134 serta hadis terkait tentang ikhlas,
sabar, dan pemaaf
|
VII/2
|
Q.S. An-Nisa/4: 146, Q.S.
Al Baqarah/2: 153, dan
Q.S. Ali Imran/3: 134
|
Penalaran
|
Disajikan beberapa contoh perilaku terpuji, peserta
didik dapat menganalisis keterkaitanya dengan Q.S. An-Nisa/4: 146, Q.S.
Al-Baqarah/2: 153, atau Q.S. Ali Imran/3: 134 dengan tepat.
|
9
|
3
|
3.2. Memahami Q.S. An-Nahl/16: 114 dan hadis terkait tentang mengonsumsi
makanan dan minuman yang halal dan bergizi dalam kehidupan sehari-hari
|
VIII/2
|
Q.S. An-Nahl/16: 114 dan hadis
terkait tentang mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi dalam
kehidupan sehari-hari
|
Penalaran
|
Ditampilkan Q.S. An-Nahl/16: 114 atau hadis terkait beserta artinya, peserta didik
dapat memberikan contoh
yang sesuai dengan ayat atau hadis tersebut dengan tepat.
|
36
|
4
|
3.1.
Memahami Q.S. Az-Zumar/39: 53, Q.S. An-Najm/53:
39-42, Q.S. Ali Imrān/3: 159 tentang optimis, ikhtiar, dan tawakkal
|
IX/1
|
Q.S. Az-Zumar/39:
53, Q.S. An-Najm/53:
39-42, Q.S. Ali Imrān/3: 159
|
Pengetahuan dan Pemahaman
|
Ditampikan Q.S. Az-Zumar/39: 53, Q.S. An-Najm/53: 39-42, Q.S. Ali Imrān/3: 159 peserta didik dapat menentukan
arti lafal yang digarisbawahi dengan tepat.
|
12
|
5
|
|
|
|
Pengetahuan dan Pemahaman
|
Disajikan contoh
perilaku berdasarkan Q.S. Az-Zumar/39: 53,
Q.S. An-Najm/53: 39-42 atau Q.S. Ali Imrān/3:159
peserta didik dapat membedakan contoh perilaku optimis, tawakal atau ikhtiar
dengan benar.
|
38
|
6
|
3.2.
Memahami
Q.S. Al-Hujurat/49: 13 tentang toleransi dan menghargai
perbedaan
|
IX/2
|
Q.S. Al-Hujurat/49: 13 tentang toleransi dan
menghargai perbedaan
|
Penalaran
|
Ditampilkan Q.S. Al-Hujurat/49: 13 , peserta dapat menentukan ayat tentang toleransi dan menghargai perbedaan.
|
3
|
7
|
3.3. Memahami makna
al-
Asma‘u alHusna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
|
VII/1
|
Al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan
al-Bashir
|
Penerapan
|
Disajikan sebuah ilustrasi tentang perilaku
sehari-hari, peserta didik dapat menghubungkan dengan asmaul husna yang sesuai
|
28
|
8
|
3.4.
Memahami makna iman
kepada malaikat berdasarkan dalil naqli
|
VII/2
|
Iman kepada malaikat
berdasarkan dalil naqli
|
Penalaran
|
Ditampilkan
QS. Al-Anbiya’/21:19 beserta artinya, peserta didik
dapat menyimpulkan
makna ayat tersebut dengan
benar
|
14
|
9
|
3.3. Memahami makna
beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT.
|
VIII/1
|
Beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT.
|
Penerapan
|
Disajikan contoh perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta
didik dapat menghubungkannya
dengan implementasi beriman kepada kitab-kitab Allah SWT. secara
tepat.
|
30
|
10
|
3.4.
Memahami makna iman
kepada hari akhir berdasarkan pengamatan terhadap
dirinya, alam sekitar, dan makhluk ciptaan-Nya
|
IX/1
|
Iman kepada hari akhir
berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk ciptaan-Nya
|
Pengetahuan dan pemahaman
|
Disajikan beberapa pernyataan tentang beriman kepada hari akhir, peserta didik dapat mengidentifikasi pernyataan tersebut yang merupakan fungsi iman kepada hari akhir dengan tepat.
|
5
|
11
|
|
|
|
Pengetahuan dan pemahaman
|
Disajikan tabel peristiwa hari akhir, peserta didik dapat menentukan arti dari peristiwa hari
akhir.
|
32
|
12
|
3.5. Memahami makna
iman
kepada qadha dan qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya,
alam sekitar dan makhluk ciptaan-Nya
|
IX/2
|
Iman kepada qadha dan qadar berdasarkan pengamatan terhadap
dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan-Nya
|
Penalaran
|
Disajikan beberapa pernyataan tentang beberapa peristiwa, peserta didik dapat menyimpulkan mana yang
termasuk taqdir muallaq.
|
6
|
13
|
|
|
|
Penalaran
|
Disajikan kutipan berita tentang musibah yang terjadi di
Indonesia, peserta didik dapat menyimpulkan sikap beriman kepada qadha dan qadar
dengan benar.
|
7
|
14
|
3.5. Memahami makna
perilaku jujur, amanah, dan
istiqamah
|
VII/I
|
Perilaku jujur, amanah, dan istiqamah
|
L2
(Penerapan/Aplikasi)
|
Disajikan contoh
perilaku kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menghubungkan dengan
perilaku jujur, amanah, atau istiqamah secara tepat
|
29
|
15
|
3.6 Memahami makna hormat dan patuh kepada kedua orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama.
|
VII/II
|
Hormat dan patuh kepada
kedua orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama
|
L2
(Penerapan/Aplikasi)
|
Disajikan ilustrasi sebuah musibah, peserta
didik dapat memberikan contoh perilaku empati dengan tepat
|
40
|
16
|
3.5. Memahami bahaya mengonsumsi minuman keras,
judi, dan pertengkaran
|
VIII/1
|
Bahaya mengomsumsi minuman
keras, judi, dan pertengkaran
|
L1
(Pengetahuan
dan Pemahaman)
|
Disajikan ilustrasi
tentang akibat dari mengonsumsi minuman keras, peserta didik dapat
mengidentifikasi bahaya mengkonsumsi minuman keras dengan tepat.
|
20
|
17
|
3.6. Memahami cara menerapkan perilaku jujur
dan adil
|
VIII/1
|
Cara menerapkan perilaku jujur
dan adil
|
L2
(Penerapan/Aplikasi)
|
Disajikan
narasi tentang sebuah peristiwa, peserta didik dapat menentukan perilaku perilaku
jujur atau adil dengan benar
|
18
|
18
|
|
|
|
L2
(Penerapan/Aplikasi)
|
Disajikan ilustrasi peristiwa sehari-hari, peserta didik
dapat menentukan
manfaat perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
|
4
|
19
|
3.7 Memahami cara
berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan guru.
|
VIII/2
|
Perilaku berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua
dan guru
|
L3
(Penalaran)
|
Disajikan deskripsi permasalahan terhadap orang tua atau
guru, peserta didik dapat memecahkan masalah dengan benar.
|
35
|
20
|
3.5. Memahami penerapan
jujur dan menepati janji
dalam kehidupan sehari-hari
|
IX/1
|
Perilaku jujur
dan menepati janji
dalam kehidupan
|
L3
(Penalaran)
|
Disajikan
ilustrasi tentang
perilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat
menyimpulkan perilaku yang mencerminkan sikap jujur atau menepati janji dengan benar.
|
13
|
21
|
3.6 Memahami cara berbakti dan taat kepada
orang tua dan guru.
|
IX/1
|
Perilaku berbakti dan taat
kepada orangtua dan guru
|
L3
(Penalaran)
|
Disajikan narasi
tentang perilaku terpuji, peserta didik dapat menyimpulkan cara
berbakti dan taat kepada orang tua atau guru dengan tepat.
|
34
|
22
|
3.7 Memahami makna tata krama, sopan santun,
dan rasa malu.
|
IX/2
|
Tata krama, sopan santun,
dan rasa malu
|
L1
(Pengetahuan
dan Pemahaman)
|
Disajikan bebrapa
contoh sikap terpuji, peserta didik dapat menentukan sikap tata krama, sopan
santun, atau rasa malu dengan benar.
|
33
|
23
|
3.8 Memahami ketentuan salat berjamaah.
|
VII/ 1
|
Ketentuan Salat
berjama’ah
|
Penalaran
|
Disajikan pernyataan tentang pelaksanaan salat berjamaah,
peserta didik dapat mengidentifikasi syarat-syarat jadi imam.
|
16
|
24
|
3.9 Memahami ketentuan salat Jum’at.
|
VII/ 2
|
Ketentuan Salat
Jum’at
|
Penalaran
|
Disajikan ilustrasi
pelaksanaan salat jumat, peserta didik dapat mengevaluasinya dengan benar
|
15
|
25
|
3.10 Memahami ketentuan salat jamak qasar.
|
VII/ 2
|
Ketentuan salat
jamak qasar
|
Penalaran
|
Disajikan narasi
sebuah perjalanan, peserta didik dapat memecahkan masalah
pelaksanaan salat jama dan qasar dengan tepat.
|
2
|
26
|
3.9. Memahami ketentuan salat
sunah berjamaah dan munfarid sebagai perintah agama
|
VIII/1
|
Ketentuan
salat sunnah berjamaah dan munfarid
|
Pengetahuan dan Pemahaman
|
Disajikan ilustrasi gejala alam, peserta didik dapat menentukan pelaksanaan
salat sunah terkait peristiwa tersebut dengan tepat.
|
10
|
27
|
3.10. Memahami ketentuan sujud syukur, sujud tilawah, dan sujud sahwi
sebagai perintah agama
|
VIII/1
|
Sujud syukur, sujud sahwi, dan
sujud tilawah
|
Penerapan
|
Disajikan narasi tentang peristiwa yang terjadi pada seseorang, peserta
didik dapat menentukan kategori orang yang menerima zakat.
|
39
|
28
|
3.8 Memahami ketentuan zakat
|
IX/1
|
Delapan asnaf (golongan) orang yang berhak menerima zakat
|
Penalaran
|
Disajikan ilustrasi tentang zakat, peserta didik dapat menyimpulkan kandungannya dengan
benar.
|
26
|
29
|
|
|
Manfaat atau hikmah zakat mal
|
Penerapan
|
Disajikan ilustrasi tentang seseorang yang selalu mengeluarkan
zakat dari hasil pendapatannya/gajinya, peserta didik dapat menentukan hikmah
zakat mal.
|
17
|
30
|
3.9
Memahami ketentuan ibadah haji dan umrah
|
IX/I
|
Ketentuan haji dan umrah
|
Penerapan
|
Disajikan beberapa pernyataan tentang ibadah haji, peserta didik
dapat menentukan amalan
haji dengan benar.
|
11
|
31
|
3.10 Memahami ketentuan
penyembelihan
hewan
dalam Islam
|
IX/II
|
Ketentuan
penyembelihan hewan dalam Islam
|
Pengetahuan dan Pemahaman
|
Disajikan beberapa
pernyataan tentang penyembelihan hewan, peserta didik dapat mengidentifikasi tata cara menyembelih hewan menurut
ajaran Islam dengan benar.
|
24
|
32
|
3.11. Memahami ketentuan
qurban dan aqiqah
|
IX/II
|
Ketentuan kurban dan akikah
|
Penalaran
|
isajikan ilustrasi tentang pelaksanaan kurban atau akikah,
peserta didik dapat menganalisis berdasarkan ketentuan hukum Islam dengan
benar.
|
19
|
33
|
3.11. Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW. periode Mekah
|
VII/1
|
Sejarah perjuangan Nabi
Muhammad SAW. Periode Mekah
|
Pengetahuan dan
Pemahaman
|
Disajikan beberapa nama sahabat Nabi Muhammad SAW, peserta didik
dapat mengidentifikasi misi dakwah nabi Muhammad SAW.
|
21
|
34
|
3.12 Memahami sejarah Perjuangan Nabi Muhammad SAW. periode Madinah
|
VII/2
|
· Sejarah perjuangan
Nabi Muhammad SAW. periode Madinah.
|
Penalaran
|
Disajikan narasi
tentang kehidupan bermasyarakat pada masa Nabi Muhammad SAW. periode Madinah, peserta didik dapat menyimpulkan
nilai-nilai yang diterapkan dengan benar.
|
22
|
35
|
|
|
· Sejarah perjuangan
Nabi Muhammad SAW. periode Madinah.
|
Penalaran
|
Disajikan narasi
tentang kehidupan bermasyarakat pada masa Nabi Muhammad SAW. periode Madinah, peserta didik dapat menyimpulkan perilaku yang mencerminkan semangat
perjuangan Nabi di Madinah pada zaman milenial.
|
25
|
36
|
3.13 Memahami sejarah perjuangan dan kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun
|
VII/2
|
· Sejarah perjuangan dan kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun
|
Penalaran
|
Disajikan narasi
tentang perjuangan al-Khulafa
al-Rasyidun, peserta didik dapat
menyimpulkan hasilnya dengan benar.
|
8
|
37
|
3.13. Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan
masa Bani Umayah
|
VIII/1
|
·
Sejarah ilmu pengetahuan masa Bani Umayah
|
Penerapan
|
Disajikan biografi
Khalifah Bani Ummayah
beserta perannya, Peserta didik dapat mengidentifikasi khalifah sesuai dengan peranannya.
|
31
|
38
|
3.14 Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa
Bani Abbasiyah
|
VIII/2
|
· Sejarah ilmu pengetahuan masa Bani Abbasiyah
|
Penalaran
|
Disajikan kisah ilmuwan
di Masa Abbasiyah, Peserta Didik dapat menyimpulkan nilai-nilai yang dapat diteladani dengan
benar.
|
23
|
39
|
3.12 Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa
Bani Abbasiyah
|
IX/1
|
·
Sejarah
perkembangan Islam di
Nusantara
|
Pengetahuan dan pemahaman
|
Disajikan deskripsi tentang cara penyebaran Islam
di Nusantara peserta didik dapat menentukan cara masuknya Islam ke Indonesia.
|
37
|
40
|
3.13. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara
|
IX/2
|
·
Sejarah
Tradisi Islam di Nusantara
|
Penalaran
|
Disajikan fakta tentang pelaksanaan tradisi Islam di Nusantara,
peserta didik dapat menyimpulkan nilai yang terkandung pada tradisi tersebut
dengan benar
|
27
|
Comments
Post a Comment